Puluhan Siswa SD di Kabupaten Garut Mengalami Keracunan Usai Konsumsi Es Krim

Jumat, 17 Februari 2023 | 16:05 WIB Last Updated 2023-02-17T09:05:28Z


KabarPendidikan.id
- Puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kersamenak di Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat diduga keracunan jajanan es krim di sekolah. Sejumlah saksi dan korban sudah diperiksa penyidik. Polisi juga telah mengamankan sampel es krim yang dikonsumsi  oleh siswa.

 

"Saat ini kami sedang melakukan penyelidikan terkait kasus dugaan keracunan itu," kata Kapolsek Tarogong Kidul Kompol Alit Kadarusman.

 

Ia mengatakan kepolisian mendapatkan laporan adanya puluhan siswa yang mengeluhkan sakit kepala, mual, dan muntah setelah mengkonsumsi jajanan es krim saat jam istirahat di sekolahnya pada hari Selasa. Polisi setempat langsung melakukan olah tempat kejadian perkara dengan memeriksa sejumlah saksi, termasuk guru, pedagang lainnya, dan warga setempat, kemudian melakukan pencarian terhadap pedagang es krim yang dimaksud.

 

Berdasarkan keterangan dari sejumlah pedagang lainnya, pedagang es krim tersebut merupakan pedagang keliling yang menggunakan sepeda motor sehingga ia tidak berjualan tetap di sekolah tersebut. Alhasil, tidak ada yang mengetahui identitasnya.

 

"Untuk penjual es krim sedang kami cari, diketahui jualannya keliling," kata Alit Kadarusman.

 

Ia menyampaikan selain pemeriksaan saksi, pihaknya juga mengamankan barang bukti jajanan es krim yang dikonsumsi siswa korban keracunan. Sampel jajanan es krim tersebut akan dilakukan uji laboratorium untuk mengetahui unsur zat berbahaya yang menyebabkan siswa keracunan.

 

"Sementara barang bukti berupa sampel es krim sudah diamankan untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium," katanya.

 

Ia menyampaikan kejadian itu bermula saat siswa sedang istirahat kemudian mengkonsumsi jajanan es krim yang dijual pedagang keliling di sekolah tersebut.

 

Tidak lama setelah mengkonsumsi es krim, kata dia, anak-anak mengeluhkan sakit perut, pusing, dan mual hingga memberitahukan kondisi tersebut ke gurunya.

 

Tercatat, siswa yang mengalami keracunan tersebut sebanyak 66 orang terdiri atas 16 orang laki-laki, dan 50 perempuan yang semuanya sudah mendapatkan penanganan medis oleh puskesmas, dan sudah diperbolehkan pulang.

 

"Jadi sudah diperbolehkan pulang semua, cuma tadi sempat ada satu anak atas nama Marsya, gejalanya lumayan lebih parah dibanding yang lain karena muntah berlebih, namun sampai saat ini sudah stabil kondisinya," katanya.

 

(Alifia Angel/adp)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Puluhan Siswa SD di Kabupaten Garut Mengalami Keracunan Usai Konsumsi Es Krim

Trending Now

Iklan

iklan