Kemendikbudristek Beri Apresiasi untuk Mahasiswa Kampus Mengajar

Jumat, 17 Februari 2023 | 16:10 WIB Last Updated 2023-02-17T09:10:25Z


KabarPendidikan.id
Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, memberi apresiasi kepada para mahasiswa atas keberaniannya mengikuti Program Kampus Mengajar disaat seremoni pelepasan 21.045 mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 5.

 

“Menurut saya, para mahasiswa yang terlibat di Kampus Mengajar adalah yang paling berani meninggalkan zona nyaman untuk berkontribusi. Ini benar-benar luar biasa,” ujarnya dalam sambutan yang disiarkan melalui kanal YouTube resmi Kemendikbud RI.

Menteri Nadiem memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar yang dengan yakinnya sejenak keluar dari kampus, kemudian pergi ke sekolah di berbagai daerah dengan tujuan membantu para guru demi terciptanya proses belajar mengajar yang lebih menyenangkan dan memerdekakan.

 

“Setelah melewati beragam materi pembekalan yang komprehensif, sudah saatnya adik-adik semua terjun langsung ke lapangan, menjadi sosok teladan bagi para pelajar dan masyarakat di tempat kalian ditugaskan. Jalanilah peran tersebut dengan sungguh-sungguh, berikan yang terbaik di tempat penugasan masing-masing, dan saya tunggu cerita-cerita inspiratifnya,” ungkapnya.

 

Acara seremonial ini tentunya menjadi pembukaan dari masa penugasan mahasiswa yang terpilih dan mendapatkan pembekalan untuk menjadi rekan guru dan kepala sekolah di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kemudian, para mahasiswa akan bekerja sama dengan pihak sekolah dalam menyusun strategi pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan tentunya menyenangkan namun tentunya tetap berfokus pada aspek peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa.

 

Faktanya antusiasme yang tinggi dalam menyambut pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 5 tidak hanya dirasakan oleh Kemendikbudristek dan mahasiswa, tetapi juga berbagai pemangku kepentingan di daerah yang ikut berkolaborasi dalam pelaksanaan program, salah satunya adalah Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP).

 

Secara bersama, seremoni pelepasan Kampus Mengajar Angkatan 5 juga diadakan luring di 34 wilayah BBPMP dan BPMP Provinsi yang dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, mahasiswa, dan juga kepala sekolah. Semangat yang besar ini diharapkan mampu memperkuat pelaksanaan dan monitoring Program Kampus Mengajar.

 

Menteri Nadiem menitipkan para mahasiswa peserta program Kampus Mengajar kepada para pemangku kepentingan khususnya satuan pendidikan untuk diberi bimbingan. “Besar harapan saya agar Ibu dan Bapak dapat berdiskusi, berkolaborasi, dan bekerja sama dengan adik-adik mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, khususnya dalam hal kemampuan literasi numerasi dan pemanfaatan terobosan-terobosan teknologi,” ujarnya.

 

Kemudian Menteri Nadiem juga berpesan kepada para peserta Kampus Mengajar angkatan 5  untuk selalu memberikan sumbangsih terbaik. Sebab, para peserta adalah mahasiswa terpilih yang berhasil melewati serangkaian proses seleksi ketat, serta dinilai berpotensi untuk menjadi penggerak dan mampu menghadapi situasi-situasi sulit di lapangan nanti.

 

Menteri Nadiem juga mengucapkan selamat atas keberhasilan para peserta yang lolos dalam seleksi saat penutupan sambutannya.

(Hayatin/adp)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemendikbudristek Beri Apresiasi untuk Mahasiswa Kampus Mengajar

Trending Now

Iklan

iklan