Penting Bagi Mahasiswa Memiliki Soft Skill, Simak 5 Tips Ini

Selasa, 28 Februari 2023 | 10:30 WIB Last Updated 2023-02-28T03:30:45Z


KabarPendidikan.id
- Keterampilan yang dimiliki setiap orang berbeda-beda. Keterampilan yang terus diasah supaya berkembang akan menjadi jembatan menuju kesuksesan.


Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Senin (27/02), soft skill didefinisikan sebagai kemampuan berkomunikasi, memiliki kerja sama tim yang baik, serta kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja maupun kehidupan sehari-hari. 


Sebelum terjun ke dunia kerja, mahasiswa tentu harus paham bagaimana cara meningkatkan soft skill karena dengan penguasaan soft skill akan memudahkan seseorang beradaptasi dengan lingkungannya. 


Simak 5 cara mengasah soft skill

1. Mengikuti kursus 

Mahasiswa sangat dianjurkan untuk mengikuti kursus atau pelatihan-pelatihan pengembangan diri guna mengasah soft skill yang dimiliki. 


Biasanya pada kursus pengembangan diri ini diajarkan public speaking, manajemen waktu, kerja sama tim, mentoring, dan lain-lain. 


2. Gabung organisasi kampus

Mahasiswa bisa mengikuti berbagai macam organisasi di kampus. Dengan aktif mengikuti organisasi kampus, biasanya mahasiswa terlatih sendiri dalam hal manajemen waktu, berkomunikasi, berdiskusi, dan terbiasa menyampaikan pendapat. 


3. Ikut magang 

Magang memberikan gambaran serta pengalaman dunia kerja professional. Sehingga dengan mengikuti program magang ini bisa menjadi kesempatan baik untuk mengingkatkan soft skill yang dimiliki. 


4. Kerja part time

Mahasiswa juga dapat mencoba kerja part time atau paruh waktu untuk meningkatkan keterampilan soft skill. 


Dalam kerja part time ini biasanya lebih menekankan pada manajemen waktu, kerja sama dalam tim, dan lain sebagainya. 


5. Menjadi relawan

Mengikuti kegiatan sosial merupakan salah satu cara untuk meningkatkan soft skill. 


Menjadi relawan atau volunteer dapat memberikan banyak pengalaman baru. Seorang relawan diharuskan untuk berkontribusi kepada masyarakat sehingga dilatih untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. 


Jadi, itulah 5 cara untuk mengasah soft skill bagi mahasiswa guna mempersiapkan diri di dunia kerja. 


(Adelia Putri/adp)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penting Bagi Mahasiswa Memiliki Soft Skill, Simak 5 Tips Ini

Trending Now

Iklan

iklan