Pemkot Mojokerto Eksplorasi Seni dan Budaya Lewat MojoArt 2023

Selasa, 28 Februari 2023 | 09:06 WIB Last Updated 2023-02-28T02:06:50Z


KabarPendidikan.id
Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menggelar event MojoArt 2023 di Alun-Alun Kota Mojokerto. Event ini diadakan guna mengapresiasi serta melestarikan karya-karya seniman di Mojokerto Raya.

 

MojoArt akan dimulai Rabu, 1/3/2023. Dalam event ini akan ditampilkan berbagai karya seni dan budaya, seperti, pameran lukisan dan karya instalasi, kesenian reog, campursari, penampilan musik keroncong, kesenian angklung, dan kesenian bantengan. Selain itu, akan ada Festival Kopi, UMKM Akik Permata yang akan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut. “Pagelaran MojoArt akan kami gelar selama tiga hari. Yakni mulai dari Rabu (1/3) hingga Jumat nanti (3/3),” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kota Mojokerto, Amin Wachid.

 

Amin berharap MojoArt 2023 menjadi upaya pelestarian dan ajang untuk memotivasi seniman untuk mengeksplorasi jiwa keseniannya.

 

”Ini bertujuan sebagai implementasi dari kemajuan kebudayaan di Mojokerto Raya. Dengan menampilkan rangkaian ekspresi seni dan budaya, kami harap bisa lebih memotivasi para pelaku seni agar ke depan lebih mengeksplorasi kemampuan dan bakat berkeseniannya,” tambahnya.

 

Menariknya seluruh sekolah mulai dari jentang TK sampai SMP se-Kota Mojokerto akan berpartisipasi pada kegiatan ini. Mereka akan mengikuti perlombaan mewarnai batik dan menggambar batik.  ”Untuk lomba mewarnai batik, akan diikuti oleh murid TK. Sedangkan untuk lomba menggambar motif batik, akan diikuti siswa SD-SMP sederajat,” ungkap Amin.

 

Tak hanya itu, event ini juga dimeriahkan dengan beragam diskusi terkait seni dan budaya, diantaranya, sarasehan batik Mojokerto, sarasehan pengelolaan cagar budaya sekaligus Ngopi Bareng DKD yang bertemakan Maju Kotaku, Lestari Budayaku.

 

(Hayatin/adp)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemkot Mojokerto Eksplorasi Seni dan Budaya Lewat MojoArt 2023

Trending Now

Iklan

iklan