Wakil Ketua DPRD Jateng : Politik Merupakan Pilar Penting Namun Perlu Didasari oleh Pendidikan

Senin, 05 Desember 2022 | 10:19 WIB Last Updated 2022-12-05T03:19:43Z


KabarPendidikan.id - Heri Pudyatmoko selaku  Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah menyampaikan melalui pendidikan politik diharapkan masyarakat mampu mengetahui serta memberikan pengetahuan tentang keberagaman nilai sosial politik. Penegasan itu disampaikan melalui sambungan aplikasi Zoom dalam acara Forum Group Discussion dengan tema “Pendidikan Politik Untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi” Selasa (22/11).

Dirinya menambahkan, pendidikan politik didasari oleh beberapa faktor yaitu perekrutan kader yang transparan, persaingan partai yang sehat dan peran pers yang mendukung lingkungan politik. Ia juga berharap masyarakat mampu mengimplementasi pendidikan politik di lingkungan sekitar.


“Dengan adanya pendidikan politik yang baik maka diharapkan transparansi politik akan terjamin. Politik merupakan salah satu pilar penting akan tetapi tetap perlu didasari oleh pendidikan yang baik.,” ujar Heri.


Djoni Kristijanto selaku pegiat politik juga menekankan bahwa pendidikan politik harus erat berkaitan dengan Pancasila. Dirinya berpendapat bahwa pendidikan politik yang benar harus berdasarkan dari sila sila yang terkandung dalam Pancasila.


“Pancasila harus menjadi tolok ukur dalam pendidikan berpolitik. Dengan begitu, pendidikan politik akan terus berkembang sesuai dengan aturan-aturan yang ada” tegasnya.


Sementara, Sumardiyo selaku anggota DPRD Wonosobo mengatakan masyarakat sudah cukup memahami pendidikan politik dengan cukup baik. Akan tetapi demokrasinya kurang begitu jalan hal itu ditandai oleh pemilihan Bupati dan Wakil Bupati hanya diikuti oleh satu calon saja.

DYL_RPH 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wakil Ketua DPRD Jateng : Politik Merupakan Pilar Penting Namun Perlu Didasari oleh Pendidikan

Trending Now

Iklan

iklan