Upaya Kemenpri Mengurangi Kesenjangan Keterampilan Industri dan Pendidikan

Selasa, 13 Desember 2022 | 10:29 WIB Last Updated 2022-12-13T03:29:03Z


KabarPendidikan.id - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya untuk mengurangi kesenjangan keterampilan antara industri dan pendidikan, sehingga menciptakan sumber daya manusia (SDM) industri yang kompeten tanpa program pelatihan ulang khusus sektor dengan cara menyelenggarakan program gelar.Jakarta, Jumat. (9/12)

 

“Untuk mendukung industri dalam menyediakan tenaga kerja yang kompeten, Kemenperin menyelenggarakan pendidikan tinggi pada berbagai jenjang, mulai dari Diploma hingga Magister Terapan, melalui program setara D1 yang di kontrakkan urusan perindustrian," ujar Arus Gunawan selaku Kabid SDM Perindustrian Kemenperin. Industri. Badan Pengembangan Pembangunan (BPSDMI) 

 

Menurut Arus, minimnya tenaga kerja pendidikan vokasi atau lulusan D1-D4 dapat menimbulkan skills gap antara dunia pendidikan dan industri, dimana tenaga kerja baru yang keterampilan kerjanya tidak sesuai dengan kebutuhan industri di lapangan. Untuk itu, Kementerian Perindustrian bekerjasama dengan industri menyelenggarakan D1 Kesetaraan Pendidikan yang dilaksanakan sebagai wujud nyata kerjasama antara pemerintah, lembaga pendidikan dan dunia industri.

 

Direktur Pusat Pembinaan Pendidikan Vokasi Industri BPSDMI Kementerian Perindustrian Yuni Widayati mengatakan pada tahun 2021, Kementerian Perindustrian akan memperbolehkan tidak kurang dari 981 siswa untuk mengikuti blok D1 yang tersebar di 21 kabupaten/kota dari 11 sadar.

 

Dirinya menyebutkan program tersebut secara berkala dimonitor dan dievaluasi baik dari sisi input, proses maupun output agar program pelatihan setara D1 Kerjasama Industri dapat berjalan dengan lancar.

 

“Pelatihan setara D1 Kerjasama Industri dilakukan selama satu tahun dan lulusan langsung diserap untuk bekerja di industri. Mahasiswa mengikuti kerja praktek lapangan atau magang di akhir semester setiap semester selama tiga bulan, sehingga dari satu tahun Restu berlanjut. Dalam proses pelaksanaannya, program pendidikan setara D1 diselenggarakan oleh satuan pendidikan Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan industri dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Unit pendidikan Kementerian Perindustrian menyediakan tenaga pengajar dan fasilitas, serta industri terkait akan menerima lulusan D1 sesuai perjanjian kerjasama, sehingga lulusan dapat langsung bekerja. .

 

“Kami berharap program ini merupakan upaya nyata Kementerian Perindustrian untuk mengatasi permasalahan sumber daya manusia industri yaitu banyaknya pengangguran, tingkat pendidikan angkatan kerja, dan jumlah pengangguran. rendah dan produktivitas tenaga kerja masih rendah,” ujar Restu.

DYL_RPH

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Upaya Kemenpri Mengurangi Kesenjangan Keterampilan Industri dan Pendidikan

Trending Now

Iklan

iklan