Tingkatkan Kesejahteraan dan Kemakmuran Guru melalui Program Pendidikan

Selasa, 27 Desember 2022 | 16:56 WIB Last Updated 2022-12-27T09:56:53Z


KabarPendidikan.id
- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bandar Lampung berharap program
pendidikan tahun mendatang dapat menyejahterakan guru karena hingga kini masih banyak persoalan krusial dan berkaitan dengan guru terutama Sumber Daya Manusia (SDM)-nya.

 

"Di antaranya kompetensi, khususnya dalam literasi digital, serta pemerataan guru yang masih menyisakan persoalan, terutama di formasi dan perimbangan pendanaan PPPK yang merupakan program Pemerintah Pusat," ujar Mulyadi selaku Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Dasar Disdikbud Bandar Lampung, Minggu, (25/12).

 

Dalam hal ini, pihaknya ingin mengembangkan peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan secara offline meskipun bisa dilakukan secara daring.

 

"Selain itu, administrasi tetap dipertahankan dengan tidak memberatkan guru, khususnya dalam merancang pembelajaran atau rencana pelaksanaan pembayaran," jelas Mulyadi.

 

Ia menyampaikan filosofi Ki Hajar Dewantara agar tetap menjadi roh di pembelajaran dengan prinsip pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar siswa.

 

Dengan demikian, beban mengajar guru terutama pada jam tatap muka dapat berkurang. Misalnya, dari 24 jam menjadi 18 jam agar guru dapat mengembangkan keprofesian berkelanjutan dan asesmen pembelajaran yang lebih baik.

 

"Pasal kontroversial yang menjadi RUU Sisdiknas dengan istilah tunjangan sertifikasi tetap dipertahankan agar guru tetap diberikan hak dan sertifikasi profesi sebagai bentuk pengakuan jika guru selama menjalankan tugas betul-betul profesional seperti profesi yang lain di luar institusi pendidikan sekaligus sebagai bentuk penghargaan pemerintah kepada profesi guru yg selama ini dianggap sebelah mata," tutur Mulyadi.


ADP/SAN

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Kesejahteraan dan Kemakmuran Guru melalui Program Pendidikan

Trending Now

Iklan

iklan