Pembetukan Adab Diperlukan Dalam Sistem Pendidikan Indonesia

Senin, 05 Desember 2022 | 15:39 WIB Last Updated 2022-12-05T08:39:50Z


KabarPendidikan.id - Yawar Arief selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau (UIR) menyampaikan Perlu adanya pembentukan adab dan akhlak mulia dalam sistem pendidikan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya pada Seminar Inter Islamic University Conference on Psychology (IIUCP) secara virtual. Sabtu, (26/11).

Seminar virtual dengan tema ‘Peran Psikologi Islam Dalam Proses Pengadaban’ turut dihadiri Yawar Arief Dekan Fakultas Psikologi UIR, Fuad Nashori Admiral Presiden IIUCPWakil Rektor III UIR.


“Landasannya ialah UUD 1945 pasal 33 ayat 3, bahwa tujuan pendidikan itu adalah meningkatkan iman dan takwa serta akhlak mulia,” ujar Yanwar.


Yanwar berharap melalui kegiatan ini akan menjadi suatu penegasan dan penguat kita harus menciptakan suatu sistem pendidikan yang mengarah pada adab dan dapat melahirkan sebuah resolusi mengenai bagaimana membentuk adab dalam diri peserta didik.


“Jum’at kemarin kita sudah melaksanakan workshop dengan Dr. Adian Husaini temanya tentang pembuatan atau penyusunan kurikulum adab di Sekolah dan sambutannya luar biasa,” tuturnya.


Dalam kegiatan ini diadakan juga presentase pepper yang diikuti oleh 190 peserta. Dengan ini diharapkan dapat lebih menguatkan lagi peran psikologi Islam.


“Dengan adanya jumlah artikel yang begitu banyak itu tentunya menjadi semangat kita untuk memberikan kontribusi untuk masyarakat,” ujar Yanwar.


Sementara itu Fuad Nashori Presiden IIUCP Psikolog menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mendorong dan menggerakkan psikologi Islam.


Psikologi Islam ini adalah suatu gerakan yang dimaksudkan untuk mengkaji tentang jiwa dan perilaku manusia dalam sudut pandang Islam. Untuk itu tema - tema yang kita angkat adalah tema yang responsif terhadap perkembangan masa kini,” jelasnya.

DYL_RPH

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembetukan Adab Diperlukan Dalam Sistem Pendidikan Indonesia

Trending Now

Iklan

iklan