Bangun Masyarakat Sehat, Tim Hibah PKM MBKM Uhamka Gelar Sosialisasi STBM Kelurahan Rambutan

Kamis, 15 Desember 2022 | 11:37 WIB Last Updated 2022-12-15T04:37:33Z


KabarPendidikan.id
- Tim Hibah PKM terintegrasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2022 Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menggelar kegiatan kegiatan Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dengan tema Pendampingan dan Edukasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) menuju Kampung Sadar STBM di Aula Kelurahan Rambutan, Selasa (13/12).

 

Kegiatan ini dipimpin oleh Sudarna selaku Sekretaris Kelurahan Rambutan atas inisiasi dari tim Hibah PKM MBKM Uhamka yang diketuai oleh Awaluddin Hidayat selaku dosen Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (FIKES) Uhamka dan dihadiri oleh segenap pemangku jabatan wilayah sekitar Kelurahan Rambutan

 

Pada kesempatan tersebut, ketua kelompok kegiatan Awaluddin Hidayat Ramli Inaku beserta anggotanya yaitu Kusmajid Sri Handayani selaku dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka menyampaikan bahwa terdapat tiga program besar serta konsep kegiatan yang dibangun nantinya akan melibatkan seluruh jajaran kelurahan, tim kreatif kelurahan, puskesmas dan masyarakat setempat.

 

“Untuk program kita Insya Allah akan dilaksanakan di minggu ini. Ada tiga program besar, jadi memang yang pertama itu adalah edukasi tentunya kita bagi menjadi dua bagian, ada edukasi masyarakat secara umum yaitu masyarakat dewasa, yang kedua adalah edukasi kriteria anak-anak, dan yang ketiga adalah pembuatan green septic tank dengan pemanfaatan sampah plastik,” jelas Awaluddin.

 

Di lain hal, Sudarna menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi yang dibangun antara Kelurahan Rambutan dan Uhamka. Ia juga memuji sikap Uhamka yang ingin menjadikan Kelurahan Rambutan menjadi kelurahan Zero BABS. Ia berharap program edukasi dan septic tank yang akan dibuat dapat menjadikan masyarakat dapat menjaga diri dan lingkungan dari kontaminasi lingkungan akibat tinja.

 

Selanjutnya, ia dan tim kreatif mengucapkan terima kasih atas partisipasi, sumbangsih, serta kolaborasi Tim Peduli Uhamka dan Tim Kreatif Kecamatan Ciracas dalam kegiatan tersebut.

 

“Rencana yang akan dilakukan adalah pembuatan septic tank secara komunal dimana nanti tim kreatif dan tim peduli Uhamka bersama masyarakat akan membuat satu septic tank yang akan menjadi jamban bersama, yang sampai dengan saat ini membuang hajatnya langsung ke kali. Selain untuk menjaga kebersihan tentunya juga untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat diwilayah Kelurahan Rambutan,” imbuh Sekretaris kelurahan.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bangun Masyarakat Sehat, Tim Hibah PKM MBKM Uhamka Gelar Sosialisasi STBM Kelurahan Rambutan

Trending Now

Iklan

iklan