Indonesia dan Prancis Sepakat Lakukan Hubungan Kerja Sama di Bidang Pertahanan

Sabtu, 26 November 2022 | 09:51 WIB Last Updated 2022-11-26T02:51:27Z


KabarPendidikan.id
- Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan mendorong kerja sama pendidikan
dengan Prancis pada sektor pertahanan.

 

Ia mengatakan hal tersebut saat menerima kunjungan kehormatan Sébastien Lecornu selaku Menteri Angkatan Bersenjata National Prancis di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Jumat.

 

Dalam hal ini, ia menyatakan bahwa kunjungan resmi ini merupakan kunjungan perdana Lecornu ke Indonesia dan berlangsung secara tertutup.

 

Dalam pertemuan tersebut, kedua negara yakni Indonesia dan Prancis bersepakat untuk memperkuat hubungan kerja sama di bidang pertahanan, sesuai dengan pernyataan pers yang diterima di Jakarta.

 

Selama ini, Indonesia dan Prancis telah menjalin kerja sama pertahanan yang kuat, khususnya di bidang sistem persenjataan.

 

Maka dari itu, ia juga mendorong dan mengirimkan taruna Akademi TNI untuk dapat mengikuti pendidikan Akademi Angkatan Bersenjata Prancis.

 

"Perlu peningkatan kapasitas sedari diri untuk menyiapkan para pemimpin TNI di masa mendatang," ujarnya.

 

Selain itu, ia juga mengapresiasi dukungan Prancis selama Indo Defence 2022 Expo and Forum saat pesawat tempur buatan Dassault Aviation, Rafale dihadirkan sehingga acara berlangsung dengan sukses.

 

Ia menambahkan, Prancis adalah negara sahabat yang penting dan telah lama saling membangun kerja sama dalam kerangka bilateral di bidang pertahanan dengan Indonesia.

 

Dengan demikian, Prancis memiliki peran yang sangat strategis dalam meningkatkan perdamaian dan stabilitas keamanan di kawasan Indo Pasifik.

 

"Saya mendorong Prancis untuk selalu mendukung sentralitas ASEAN dan berperan konstruktif dalam menjaga perdamaian, keamanan, serta stabilitas di kawasan Asia Tenggara dan Indo-Pasifik yang lebih luas," jelasnya.


ADP/SAN

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Indonesia dan Prancis Sepakat Lakukan Hubungan Kerja Sama di Bidang Pertahanan

Trending Now

Iklan

iklan