Lembaga Profesi Pendidikan Islam Mendapatkan Dana Sebesar 50-200 Juta dari Kemenag

Senin, 03 Oktober 2022 | 13:21 WIB Last Updated 2022-10-03T06:21:59Z


KabarPendidikan.id
- Kementerian Agama (Kemenag) RI membuka pengajuan proposal dari lembaga profesi pendidikan Islam di semua tingkatan. Proposal yang sesuai dengan kriteria akan menerima bantuan pendanaan sebesar Rp 50-200 juta.


"(Besarannya) dari Rp 50-200 juta untuk setiap komunitas, lembaga, atau asosiasi guru," ujar Muhammad Zain, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di Madrasah Kemenag.


Ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam menyeleksi proposal program yang masuk. Meliputi lembaga, kesesuaian lembaga dengan program yang diajukan, kegiatan yang dipantau melalui jejak digital, serta program dalam proposalnya.

 

"Kita lihat proposalnya. Misalnya ada lembaga yang mengajukan untuk melaksanakan workshop yang menurut mereka sangat penting di sebuah wilayah. Jika ternyata layak dan mereka survive di 34 provinsi maka akan diberikan. Jadi, tidak otomatis diberikan begitu saja," tuturnya.

 

Selain itu, sasaran bantuan pendanaan ini adalah lembaga, ikatan, atau asosiasi profesi pendidikan Islam yang menaungi para guru dari tingkat Raudlatul Athfal hingga Madrasah Aliyah. Contohnya ialah Persatuan Guru Madrasah Indonesia, Ikatan Guru Raudlatul Athfal, dan semacamnya.

 

"Jadi, sasarannya yaitu guru tetapi tidak terlalu tergantung mereka karena mereka harus mengajukan proposal program terlebih dulu. Kita lihat proposalnya. Mereka juga punya jejak digitalnya, lalu kita lihat apa saja kegiatannya," ujarnya.

 

Ia menekankan bahwa Kemenag ingin menstimulasi kembali pembelajaran, baik kepada para guru madrasah maupun siswa-siswinya. Saat ini, terdapat 877 ribu guru madrasah yang terdiri dari berbagai tingkatan mulai dari Raudlatul Athfal hingga Madrasah Aliyah.

 

"Mereka mempunyai cukup banyak asosiasi, ikatan, ataupun persatuan. Ada misalnya ikatan untuk guru Raudlatul Athfal, asosiasi guru untuk penulis, dan lainnya," tambahnya.

 

Zain menambahkan terkait peningkatan guru, ada empat hal yang menjadi perhatian untuk dilakukan peningkatan biasa disebut 4K yaitu Kualifikasi, Kompetensi, Karier, dan Kesejahteraan.

 

"Misalnya, peningkatan kesejahteraan yang menyangkut sertifikasi guru. Untuk mendapatkan sertifikasi guru, mereka harus mengikuti program pendidikan profesi guru selama satu semester. Di sinilah pentingnya kehadiran asosiasi atau lembaga-lembaga yang terkait dengan ini," katanya.

 

Tidak ada kuota yang ditetapkan terkait jumlah lembaga atau asosiasi penerima bantuan tersebut. Namun, dia mengakui anggaran yang disediakan memang tidak cukup jika dibandingkan dengan kebutuhan asosiasi profesi guru pendidikan Islam.

 

"Ini bentuk kepedulian kepada teman-teman kita. Jadi tidak ada kuota karena bagaimana pun, lembaga atau asosiasi itu kan semakin tumbuh. Maka kalau proposalnya masuk kriteria, Insya Allah dapat," tutupnya.


ADP/SAN

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lembaga Profesi Pendidikan Islam Mendapatkan Dana Sebesar 50-200 Juta dari Kemenag

Trending Now

Iklan

iklan