Jadi Motivator untuk Siswa, Guru Tidak Hanya Berperan sebagai Pendidikan

Senin, 10 Oktober 2022 | 13:28 WIB Last Updated 2022-10-10T06:28:12Z


KabarPendidikan.id
- Neil Hawkes selaku pakar pendidikan berbasis nilai (Value-based Education) mengatakan bahwa para guru tidak hanya berperan sebagai pendidik tetapi juga harus bisa menjadi motivator bagi para siswanya.

 

"Guru adalah pahlawan masyarakat sehingga dampak dari pekerjaan yang dilakukan guru tidaklah terukur," ujarnya.

 

Ia mengatakan bahwa guru juga menjadi sosok yang menginspirasi siswa dalam perjalanan hidupnya. Maka dari itu, peran seorang guru tidak hanya menjadi seorang pendidik tetapi juga menjadi motivator bahkan komentator sosial.

 

Heidi Hayes Jacobs selaku pakar desain kurikulum juga mengatakan bahwa hal yang terlihat jelas dari peran seorang guru terhadap siswanya adalah seberapa besar siswa tersebut membutuhkan sosok seorang guru di kehidupan mereka. Oleh karena itu, saat inilah waktu yang tepat untuk para guru dapat menginspirasi para siswa dimulai dengan merancang ide, menerima peluang, serta mencari solusi dari berbagai hal.

 

"Para guru perlu menginspirasi dan berinovatif dalam memberikan pembelajaran kepada siswanya di sekolah," tuturnya.

 

Iwan Syahril selaku Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek menyambut baik pertemuan tahunan tersebut.

 

"Kami sangat merasa terhormat untuk dapat mengundang ahli pendidikan yang diakui secara umum sebagai pembicara dalam Pertemuan Tahunan HighScope Indonesia ke-12 ini. Mereka membuka dialog serta menjawab pertanyaan dari para guru kami dan hadirin lainnya dengan tujuan berbagi wawasan serta pengalaman yang mereka miliki,” tutur Iwan.


ADP/SAN


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jadi Motivator untuk Siswa, Guru Tidak Hanya Berperan sebagai Pendidikan

Trending Now

Iklan

iklan