Bisnis dengan Modal Rp 0 Bisakah?

Minggu, 25 September 2022 | 08:57 WIB Last Updated 2022-09-25T01:57:00Z


Oleh  : Alvio Fadhill Ramdhani  

Mahasiswa FEB UHAMKA


Di era digitalisasi sekarang ini, berbagai aktivitas dan informasi dapat dengan mudah dilakukan dan didapatkan melalui internet. Hal ini tentunya akan mempermudah masyarakat dalam memulai, menjalankan, dan mengembangkan kegiatan serta inovasinya agar mampu lebih dikenal secara luas. Salah satu manfaat dari perkembangan teknologi ini adalah berkembangya platform jual beli melalui internet yang tidak mengharuskan masyarakat untuk secara langsung datang ke toko atau biasa dikenal dengan e-commerce.

Berdasarkan data dari We Are Social pada bulan April 2021, Indonesia menempati posisi pertama pada penggunaan e-commerce dengan presentase 88,1% dari seluruh pengguna internet. Internetworldstats juga mengungkapkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 212.354.070. Hal ini berarti bahwa sekitar 187 juta pengguna internet melakukan transaksi jual beli melalu platform e-commerce.

Peluang tersebut tentunya dapat diambil oleh masyarakat yang ingin memulai dan mengembangkan bisnisnya. Namun, yang seringkali menjadi pertanyaan dalam memulai bisnis adalah tentang seberapa banyak modal yang dibutuhkan. Dari berbagai macam teknik penjualan, Dropship merupakan suatu sistem penjualan yang tidak memerlukan modal (uang) yang cukup besar atau bisa dikatakan sangat minim dibandingkan dengan teknik penjualan lainnya. Sebab, dropshipper hanya perlu memasarkan produk yang sudah disediakan oleh pemasok kepada pembeli tanpa perlu memiliki stock barang. Barang


 

 

 

dagangan serta proses pengiriman juga akan diurus oleh pemasok. Dalam hal ini, seorang dropshipper bertugas untuk menerima pesanan juga pembayaran dari pelanggan dan meneruskannya kepada pemasok.

Di samping minimnya modal yang diperlukan dalam teknik ini, tentunya juga terdapat beberapa kekurangan seperti margin yang rendah, tidak bisa melihat kualitas produk secara langsung, juga kesalahan dalam pengiriman barang.

Terlepas dari itu semua, teknik bisnis ini sangatlah cocok bagi mereka yang ingin memulai bisnis tetapi ragu karena akan mengalami kerugian yang besar. Sebab, hanya bermodalkan internet dan smartphone serta memahami teknik pemasaran yang baik, masyarakat dapat memulai bisnisnya dan dapat mengatur waktu penjualannya yang sangat fleksibel.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bisnis dengan Modal Rp 0 Bisakah?

Trending Now

Iklan

iklan