Majukan Pendidikan Indonesia, LLDIKTI: Yang Berperan Penting Juga Siswa

Jumat, 01 Juli 2022 | 11:08 WIB Last Updated 2022-07-01T04:08:58Z



KabarPendidikan.id Parisiyanti Nurwardani selaku Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III DKI Jakarta menyampaikan bahwa siswa mampu berperan penting untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Peran mereka akan menyusul program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang telah digaungkan pemerintah.

"Program Merdeka Belajar ini memerlukan peran dari seluruh pemangku kepentingan pendidikan yang termasuk juga siswa didalamnya. Siswa akan menjadi agen perubahan, serta membagikan pengaruh hingga dukungan sepenuhnya. Ini juga untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Paristiyanti.


Paristiyanti berharap program ini dapat meningkatkan angka partisipasi, hasil belajar berkualitas, dan distribusi pendidikan yang merata. 


"Dengan angka partisipasi tinggi, hasil belajar berkualitas, dan distribusi yang merata ini akan mencapai perbaikan pada infrastruktur. Dan berpengaruh pada teknologi, kebijakan, prosedur, serta pendanaan. Selain itu juga termasuk kepemimpinan, masyarakat dan budaya, kurikulum, pedagogi, serta asesmen," jelas dia.


Paris juga menyampaikan bahwa seiring dengan berjalannya kedua program terebut, ia berharap karakteristik Pelajar Pancasila akan tumbuh membangun sumber daya manusia yang unggul di masa yang akan datang. Nilai-nilai Pelajar Pancasila tersebut berhubungan dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Nilai-nilail tersebut terdiri dari beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, berkebinekaan global, gotong royong, dan kreatif.


Ia pun menjelaskan arah kebijakan dan strategi Ditjen Pendidikan Tinggi akan meliputi peningkatan angka partisipasi pendidikan tinggi; penguatan mutu dan relevansi pendidikan tinggi, serta penguatan mutu dosen dan tenaga didik.

DYL
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Majukan Pendidikan Indonesia, LLDIKTI: Yang Berperan Penting Juga Siswa

Trending Now

Iklan

iklan