Kemendikbudristek di Satuan Pendidikan Dorong Kuatkan Ekosistem Riset

Rabu, 13 Juli 2022 | 11:52 WIB Last Updated 2022-07-13T04:52:18Z


KabarPendidikan.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  (Kemendikbudristek) mengutamakan untuk kuatkan ekosistem riset di satuan pendidikan. Cara yang dilakukan Kemdikbudristek yaitu dengan memfasilitasi melalui program Matching Fund.

Program tersebut membuat perguruan tinggi dan industri dapat melakukan riset. Kemendikbudristek akan memberikan dukungan melalui skema pemadanan anggaran.


"Dengan gerakan merdeka belajar, Kemendikbudristek mengutamakan upaya dalam kuatkan ekosistem riset di satuan pendidikan," kata Nadiem Makarim selaku Mendikbudristek.


Sedangkan Matching Fund itu sendiri adalah bentuk dukungan dari Kemendikbudristek agar menciptakan kolaborasi dan sinergi strategis antara insan perguruan tinggi (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak industri.


Pada tahun 2022, Kemendikbudristek juga menjalankan program Kihajar STEM (Kita Harus Belajar Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta kreativitas.


"Sampai saat ini bahkan lebih dari 65.000 pelajar di seluruh Indonesia yang berhasil mengikuti program ini serta menjadi generasi Kihajar STEM," ujarnya.


Program tersebut ditujukan untuk mengembangkan profil pelajar Pancasila yang memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan mampu berkomunikasi.

DYL
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemendikbudristek di Satuan Pendidikan Dorong Kuatkan Ekosistem Riset

Trending Now

Iklan

iklan