Literasi dan Digitalisasi

Minggu, 01 Mei 2022 | 10:06 WIB Last Updated 2022-05-30T03:07:12Z

 


Oleh : Lisa Klara Afifah

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Era digital adalah era atau kondisi di mana manusia mengalami perkembangan dalam setiap aspek kehidupannya menjadi serba digital. Pada era ini, segala aktivitas kehidupan menjadi lebih mudah, efektif dan efisien dengan kehadiran teknologi yang semakin canggih. Salah satu contohnya yaitu hanya dengan teknologi smartphone dan bantuan internet, informasi dapat dengan cepat dan mudah diperoleh oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun.

Namun, kita juga sebagai manusia, sebaiknya harus tetap mewaspadai bahaya dari informasi yang kita dapatkan di internet tersebut. Karena informasi dalam internet dapat bersumber dari mana saja, sehingga informasi yang di dapatkan belum tentu berdasarkan fakta. Di internet, kita juga bisa saja tidak menyadari bahwa informasi dapat mengandung hoax atau pemberitaan palsu, provokasi, isu SARA dan hal semacamnya. Maka dari itu, semakin cepatnya informasi yang didapatkan, harus diimbangi pula dengan kemampuan kita dalam memanfaatkan informasi secara bijak dan cermat.

Lalu, bagaimana cara agar kita dapat bijak dan cermat memanfaatkan informasi yang kita dapatkan?. Nah, salah satu solusinya adalah dengan literasi. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), literasi dapat diartikan sebagai, kemampuan menulis dan membaca, pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu, serta kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Melalui kemampuan literasi inilah, manusia akan memiliki kecenderungan untuk terbiasa berpikir kritis, sebab ia sudah terbiasa membaca dan mengolah informasi. Contohnya, jika seseorang sudah memiliki kemampuan literasi yang baik, maka informasi yang ia dapatkan akan ia telusuri terlebih dahulu, seperti mencari tahu informasi tersebut bersumber dari mana?, berdasarkan fakta atau tidak?, memikirkan apakah data yang dikumpulkan sudah dapat dipercaya? dan hal lainnya. Sehingga, informasi tidak akan di telan secara mentah-mentah, yang pada akhirnya hal semacam hoax dan informasi merugikan lainnya dapat  dihindari.

Melalui literasi pula, kita dapat mengimplementasikan informasi yang didapatkan untuk kepentingan manusia, seperti meningkatkan kualitas diri. Kita dapat mencari berbagai informasi yang nantinya akan berguna untuk pendidikan, karier dan berbagai macam permasalahan yang akan dihadapi. Sehingga kita tidak akan terlena di dalam dunia internet dan membuang buang waktu begitu saja. Oleh karena itulah, literasi sangat penting di era digital ini. Jadi, bagaimanapun perkembangan teknologi nantinya, dengan mempertahankan kemampuan literasi yang baik, manusia tidak akan mudah di perbudak dan di manfaatkan oleh teknologi. Tetapi, teknologilah yang akan di manfaatkan oleh manusia untuk menciptakan sesuatu yang baru, yang berguna untuk kepentingan umat manusia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Literasi dan Digitalisasi

Trending Now

Iklan

iklan