Peran Pajak dalam Pembangunan Nasional

Senin, 04 April 2022 | 09:37 WIB Last Updated 2022-04-04T02:37:00Z

 



Oleh : Aprilia Regita Cahyani 

Mahasiswa Uhamka


Pembangunan Nasional merupakan kegiatan yang berlangsung secara terus menerus dan berkesinambungan yang bertujuan untuk kesejahteraan rakyat. Agar dapat merealisasikan tujuan tersebut perlu banyak memperhatikan faktor-faktor masalah dalam pembiayaan pembangunan yang akan di bangun atau diwujudkan. Di Indonesia sendiri lebih dari 80% adalah berasal dari pajak, APBN yang baik adalah penerimaan utamanya dari pajak bukan berasal dari SDA karena pada dasarnya fungsi utama pajak adalah fungsi stabilitas karena dengan adanya pajak pemerintah memiliki dana untuk menjalankan kebijakan yang ada di Indonesia yang berhubungan dengan stabilitas sehingga inflasi dapat dikendalikan dengan sebaik-baiknya.


 Mengingat begitu pentingnya peran pajak dalam Negara Indonesia ini dan dalam program Nawacita ke-3 Presiden Joko Widodo yaitu, “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara kesatuan dan percepatan pembangunan infrastruktur di Papua yang tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Namun masyarakat Indonesia masih banyak yang belum taat dalam membayar pajak,padahal pembangunan dan fasilitas yang ada saat ini di Indonesia pun sudah banyak yang berkembang. Dan dari Pajak APBN tersebut masyarakat juga menikmati fasilitas yang ada tersebut maka dari itu masyarakat harus sadar dan taat dalam membayar pajak karena pajak dari rakyat dan untuk rakyat.

Maka dari itu agar masyarakat taat dalam membayar pajak harus di berikan sosialisasi atau pemahaman terhadap UU pajak. Petugas pajak perlu memberikan pemahaman tentang pentingnya membayar pajak dan fungsi pajak serta penjelasan tentang pajak. Mengutip dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati , nilai dari 1 triliun pajak dimanfaatkan untuk pembangunan jalan, infrastruktur lain, dan 20% dari APBN digunakan  untuk pendidikan. Dengan adanya pembangunan imfrastruktur tersebut dapat mempercepat pembangunan di Negara Indonesia ini.

Bentuk pembangunan dari dana APBN adalah pembangunan gedung dan sarana sekolah, pembangunan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas serta subsidi atau penyediaan obat generic, pemberiaan beasiswa pendidikan dll.

Agar pembangunan dapat terlaksana dengan baik maka dari itu masyarakat harus taat membayar pajak karena dari pajak yang dibayarkan itu dapat membantu lancarnya pembangunan  yang ada di Indonesia. Sehingga fasilitas yang ada di lingkungan kita bisa di nikmati dan di pergunakan sebaik-baiknya. Agar fasilitas yang telah di berikan oleh pemerintah bisa tetap bagus dan terjaga kita sebagai masyarakat juga harus merawatnya dengan sebaik-baiknya agar tidak rusak.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peran Pajak dalam Pembangunan Nasional

Trending Now

Iklan

iklan