Kontribusi Remaja Masjid Terhadap Era Modern

Selasa, 05 April 2022 | 09:32 WIB Last Updated 2022-04-05T02:32:00Z

 


Oleh : Vierda Nur Rahmawati

Mahasiswa Uhamka



Remaja masjid adalah sekumpulan pemuda yang beraktivitas sosial, ibadah, kepengurusan  di lingkungan suatu masjid. Guna menjalin tali hubungan silaturahmi dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah yang semakin erat di kalangan umat muslim, dengan harapan remaja masjid sebagai generasi muda islam mampu membangkitkan agama islam, untuk itu perlunya ajaran islam yang harus ditanamkan kepada pemuda mulai sejak dini agar mereka mampu memahami dengan sepenuhnya dan bisa diamalkan sepenuhnya dengan baik.

Maka dari itu remaja muda islam atau pemuda/i masjid harus bisa menguasai ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi, dengan mengaplikasikan kedalam kepengurusan organisasi Ikatan Remaja Masjid (IKRIMA). Yang dimana terdapat badan kepengurusan dan divisi yang diperlukan dengan kebutuhan lingkungan sekitar masjid, contohnya divisi PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) dengan terlaksananya kegiatan tersebut orang islam dapat berhubungan baik terhadap sesama umat islam dan dapat merayakan dengan suka cita. 

Sebagai remaja masjid diharapkan bisa melaksanakan amanah dengan penuh kesungguhan, tanggung jawab, kerja sama dan ber inovasi untuk membuat program -  program yang bisa mensyiarkan islam di masyarakat dan bermanfaat bagi kemajuan organisasi tersebut. mari manfaatkan wadah organisasi ini dengan harapan, remaja masjid tidak terjerumus ke dalam radikalisme, terorisme dan intoleransi, narkoba dan kenakalan remaja lainya, untuk mengisi aktivitas dengan hal yang positif, berguna bagi diri sendiri, keluarga, lingkungan dan bangsa.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan bisa menarik minat para remaja islam untuk bergabung dan meramaikan serta mengembalikan fungsi utama masjid, sebagai tempat ibadah, tempat beri’tikaf, berdzikir, majlis dan proses belajar memperdalam ilmu agama islam yang dapat menguatkan keimanan. Dan menjadi generasi selanjutnya yang kaya akan ilmu pengetahuan, teknologi dan berfikir out of the box.

Terlaksananya kegiatan Kuliner Subuh di Masjid Jami Al-Ajilin Lenteng Agung

Tepat Minggu, 13 Maret 2022 (10 Sya’ban 1443 H), Pengurus masjid dan remaja masjid mengadakan kuliner subuh yang bertujuan untuk mengajak masyarakat sholat subuh berjama’ah di masjid agar terbiasa bangun pagi dan tepat waktu dalam beribadah. Dengan diadakan kuliner subuh dihalaman masjid untuk menarik minat masyarakat dan diberikanya voucher makanan yang dapat ditukarkan di stan makanan yang tersedia, kegiatan ini juga membantu usaha pedagang kecil yang mayoritasnya warga lingkungan sekitar.

Kegiatan tersebut di awali dengan sholat berjamaah bersama, dilanjutkan ceramah dan pembacaan sholawat nabi yang di iringi kesenian musik islam yaitu Hadroh, kesenian ini diharapkan terus berkembang dan banyak yang belajar memainkan nya, jika kita lihat zaman sekarang banyak pemuda yang kurang minat akan hal itu. Semoga dengan ini banyak lagi pemuda yang berminat dengan kesenian ini.

Banyak minat masyarakat akan kegiatan kuliner subuh semoga ini langkah awal pemuda masjid untuk ber kontribusi banyak dalam mensyiarkan agama islam di era modern ini, dan menjadi pemuda islam yang tangguh dan bisa membela agamanya dengan benar tanpa ada konflik yang bisa merusak ukhuwah Islamiyah di dalam masyarakat.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kontribusi Remaja Masjid Terhadap Era Modern

Trending Now

Iklan

iklan