Pandemi dan Pendidikan Anak

Jumat, 18 Maret 2022 | 10:40 WIB Last Updated 2022-03-18T03:40:00Z

 



Oleh : Aulya Febrianti 

 Mahawasiswa FEB Uhamka



Sudah sangat lumrah ditelinga kita ketika mendengar kata “Pandemi” atau “Corona”. Wabah penyakit yang terjadi diseluruh dunia termasuk negara kita tercinta yaitu Indonesia. Wabah ini sangat mengemparkan dunia. 


Wabah penyakit ini tidak bisa dianggap remeh karena penyakit ini menyebabkan sebuah kematian. Tidak dipungkiri lagi banyak sekali manusia yang telah gugur untuk melawan virus corona. Sebab adannya virus atau pandemi ini aspek kehidupan yang dijalankan manusia langsung berubah derastis karena adanya wabah penyakit ini.


Perekonomian turun secara derastis, banyak perusahan yang mengalami kebangkrutan, banyak para pekerja mengalami PHK masal, serta banyak para pencari nafkah yang tidak memiliki pekerjaan tetap kehilangan arah. Tak hanya dalam permasalahan perekonomian saja tetapi juga dalam hal pendidikan. Wabah penyakit ini membawa sistem pembelajaran secara tatap muka berubah menjadi online ataupun daring.


Sistem pembelajaran daring atau online merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi melalui online yang menggunakan jaringan internet serta aplikasi pendukungPembelajaran online atau daring merupakan hal yang baru dalam dunia pendidikan terutama di Indonesia. 


Banyak sekali problematika yang terjadi di masa pembelajaran online. Pembelajaran online yang dilakukan secara virtual dianggap kurang efektif oleh Sebagian para pelajar dan orangtua. Banyak hal 


yang mempengaruhi ketidak efektifan pembelajaran seperti internet yang kurang baik, kendala anak yang kurang memahami pembelajaran, kurangnya pendempingan orangtua khususnya di sekolah dasar. 


Setalah pembelajaran dilakukan secara kurang lebih hampir dua tahun ini, proses pembelajaran dari atau online dapat diperbaiki dari sistem pembelajaran anatar guru maupun siswa.  Dibalik masa-masa sulit yang dijalankan saat pembelajaran online, sekiranya dapat memberikan manfaat lebih kepada siswa, guru serta orangtua dalam memahami internet dan hal lain yang berkaitan dengan pembelajaran online. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pandemi dan Pendidikan Anak

Trending Now

Iklan

iklan