Menutup Aurat Seorang Muslimah

Sabtu, 12 Maret 2022 | 10:07 WIB Last Updated 2022-03-12T03:07:00Z

 



Oleh: Alika Mufti Amalia

Mahasiswa FEB Uhamka 


Islam mewajibkan semua perempuan untuk menutup aurat sebagai bentuk identitas seorang muslimah dan sebagai bentuk ketaatan atas perintah-Nya. Islam juga memuliakan semua perempuan dari berbagai hal yang dapat menodai kehormatan perempuan dan juga merendahkan martabat perempuan, dengan cara mengatur bagaimana cara berpakainya dengan mewajibkan menutup seluruh tubuh dari pangkal kepala hingga ujung kaki terkecuali wajah dan telapak tangan untuk melindunginya dari segala fitnah dan hawa nafsu.

"Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, 'hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka'. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Mahapengampun lagi Mahapenyayang." QS. Al-Ahzab ayat 59.

Tanda seorang perempuan Muslim telah memasuki akil balig yang ditandai dengan datangnya haid, maka baginya wajib menutup seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan. Karena, sesungguhnya yang ditutupi itu adalah sesuatu yang keji bila diperlihatkan di depan seseorang yang bukan mahramnya sehingga bisa menimbulkan fitnah yang bahaya.

Salah satu bentuk menutup aurat perempuan adalah berhijab. Berhijab bukan hanya sebatas penutup kepala, menutupi kepala atau menutupi rambut. Tetapi berhijab salah satu cara perempuan untuk menjaga diri dari rasa malu mengumbar aurat. Berhijab juga terdapat tata cara yang baik dan benar menurut syariat islam,  yaitu:

  1. Menutup Dada

Seorang Muslimah berhijab selain untuk menutup kepala tetapi juga harus menutup dada. Hal tersebut dikarenakan agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkannya, seperti pelecehan seksual, mengundang hawa nafsu lawan jenis dan hal negatif lainnya yang dapat membahayakan diri sendiri.

“Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya” An Nur ayat 31


  1. Memakai Hijab Yang Belebihan

Banyak sekali perempuan perempuan diluar sana yang mengikuti trend hijab masa kini. Tetapi trend hijab masa kini sebagian tidak sesuai dengan syariat islam, seperti menutup kepala tetapi memperlihatkan leher, memakai perhiasan diluar hijab,  rambut rambut kepala yang dengan sengaja dikeluarkan dari hijab dan lain lainnya. Bagian tubuh seorang muslim yang hanya boleh diperlihatkan kepada bukan mahramnya adalah wajah dan telapak tangan saja.

  1. Membentuk Punuk Unta

Hijab punuk unta adalah perempuan yang menonjolkan rambutnya dibagian belakang kepala didalam hijabnya yang terlihat seperti punuk unta

“Ada dua golongan ahli neraka yang aku belum pernah melihatnya. Pertama. golongan yang membawa cambuk yang seperti ekor sapi di mana dengan cambuk tersebut mereka mencambuki orang-orang. Kedua, golongan perempuan yang berpakaian tetapi telanjang, yang cenderung (tidak taat kepada Allah) dan mengajarkan orang lain untuk meniru perbuatan mereka. Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang miring, dan mereka tidak akan masuk surga dan tidak mencium baunya. Padahal sungguh bau surga akan tercium dari jarak perjalan seperti ini seperti ini (jarak yang jauh).” H.R. Muslim


Ketika kita tidak melaksanakan perintah Allah, Allah tidak rugi tetapi kita yang rugi.-


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menutup Aurat Seorang Muslimah

Trending Now

Iklan

iklan