Memahami Strategi Manajemen Perusahaan di Masa Pandemi

Minggu, 06 Maret 2022 | 10:07 WIB Last Updated 2022-03-06T03:07:00Z

 


Oleh : Siska Aprilia

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Manajemen strategi adalah suatu rangkaian aktivitas pengambilan keputusan yang sifatnya mendasar dan menyeluruh, termasuk cara pelaksanaannya untuk mencapai tujuan bersama. Seperti yang sudah kita ketahui manajemen strategi sangat diperlukan untuk mencapai tujuannya. Manajemen strategi dilakukan oleh setiap tingkatan manajemen serta bagian operasionalnya sesuai dengan peran dan tugas masing-masing.

Saat ini, dunia tengah mengalami krisis kesehatan dan sosial ekonomi yang diakibatkan oleh COVID-19. Di Indonesia sendiri, kehidupan jutaan keluarga seakan terhenti. Pembatasan seperti sekolah dan pekerjaan menimbulkan efek yang cukup signifikan. Misalnya pada perusahaan, akibat pandemi ini banyak perusahaan yang membatasi jumlah pekerja nya (PHK).

Menurut survei Kementrian Ketenagakerjaan, sekitar 88% perusahaan yang terkena dampak pandemi COVID-19 ini dan rata-rata perusahaan dalam keadaan merugi. Bahkan disebutkan 9 dari 10 perusahaan di Indonesia terkena dampak pandemi ini. “Kerugian tersebut umumnya disebabkan penjualan menurun, sehingga produksi harus dikurangi,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan, Bambang Satrio Lelono di Jakarta, Selasa (24/11/2020).

Untuk menghadapi kondisi seperti ini ada banyak strategi yang perlu dilakukan perusahaan. Beberapa diantaranya, pertama yaitu perusahaan harus memiliki hubungan kerjasama yang baik dengan karyawannya, karena karyawan adalah aset yang harus dijaga. Kedua, menghadapi kenyataan dengan pikiran positif, saat ini banyak yang ketakutan, khawatir, bahkan stress akibat pandemi. Sekarang yang paling penting adalah bagaimana kita merespon pandemi ini, krisis selalu ada dua sisi, yaitu bahaya dan peluang. Jadi, sebaiknya kita fokus pada peluang-peluang yang sekiranya bisa memajukan perusahaan.

Di era industri 4.0 yang serba cepat dan sangat mengandalkan teknologi, menuntut perusaan beradaptasi. Karena kini perusahaan tidak bisa lagi memakai cara konvesional seperti dulu. Zaman boleh berubah, namun nilai-nilai perusahaan harus tetap dipertahankan dan dianut oleh seluruh stakeholders. Sampai kapanpun integritas itu sifatnya tetap dan tidak bisa diubah.

Kesimpulannya adalah pandemi COVID-19 memang sangat meresahkan bukan hanya untuk beberapa pihak tapi hampir seluruh dunia merasakan efek yang luar biasa baik dari segi kesehatan dan segi ekonomi. Untuk perusahaan yang berperan dalam sosial ekonomi sangat penting memahami strategi atau respon apa yang harus dilakukan dimasa pandemi seperti sekarang untuk memenuhi tujuan perusahaan. Seorang manajer strategi harus memiliki jiwa yang positif dan tidak goyah akibat pandemi ini, strategi cemerlang seperti membuat barang yang sangat dibutuhkan di pandemi ini menjadi solusi yang cukup baik menurut saya.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Memahami Strategi Manajemen Perusahaan di Masa Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan