Dosen BK FKIP Uhamka Laksanakan Konseling Trauma terhadap Korban Bencana Gempa Bumi di Pasaman Sumatera Barat

Selasa, 22 Maret 2022 | 13:44 WIB Last Updated 2022-03-22T06:44:07Z


KabarPendidikan.id
 Dosen Pendidikan Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) melaksanakan Kegiatan TRAUMA KONSELING sebagai bentuk kegiatan untuk menyembuhkan luka psikologis masyarakat yang tertimpa bencana Gempa yang menguncang kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat.

Kegiatan ini di laksanakan atas dukungan dari Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka, LAZISMU Uhamka, Pimpinan FKIP Uhamka, dan pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Barat.

Kegiatan ini dilaksankan oleh perwakilan Dosen Prodi BK FKIP Uhamka yaitu Fitniwilis,  Fatma Nofriza, Chandra Dewi SW, dan Dony Darma Sagita. Selama  4 hari dari tanggal 15-18 Maret 2022, di Kanagarian Kajai, Talamau, Simpang Timbo abu, Pasaman Barat.

“Kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk aplikasi Catur Darma perguruan tinggi terutama dalam pengabdian masyarakat, dimana disini kami menerapkan keilmuan Bimbingan dan Konseling di masyarakat. Kita sadari selain kebutuhan Materil pastinya masryarakat membutuhkan dukungan Moril dari kita bersama. Adapun kegiatan yang kami lakukan adalah Penerapan Psikotherapi Islam, Teknik Self Emotional Freedom Theray (SEFT), Bimbingan Kelompok, Konseling Individual, Play Therapy dan Art Therapy dengan sasaran adalah warga rentan, yaitu anak-anak, ibu-ibu dan lansia,” ujar fitniwilis dalam sebagai pimpinan kelompok kegiatan Trauma Konseling yang juga warga asli daerah pasaman barat yang terdampak bencana.

Fitniwilis yang juga sebagai pimpinan Majlis Dikdasmen PP aisyiyah menyampaikan, selain pendekatan psikologis, tim juga menyerahkan bantuan paket alat pembelajaran siswa di sekolah kepada siswa SD dan SMP yang terdampak melalui Posko Koordinasi Muhammmadiyah Pasaman Barat. Kemudian,  terima-kasih kepada pihak-pihak yang mendukung dan memfasilitasi kegiatan ini, dan besar harapan dari masyarakat disini akan adanya tindakan lanjutan yang  bisa membantu masyarakat secara moril dengan healing atau pendampingan Psikososial agar masyarakat segera keluar dari ketakutan dan kepanikan yang masih menghantui mereka.

Selanjutnya kegiatan ini juga dilaksanakan bersama dosen dan mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling IAIN Batusangkar. Harapannya, kegiatan bersama ini nantinya bisa bermuara pada kerjasama 2 institusi Uhamka dan IAIN Batusangkar dalam berbagai bentuk kegiatan yang bermanfaat untuk Kemaslahatan umat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen BK FKIP Uhamka Laksanakan Konseling Trauma terhadap Korban Bencana Gempa Bumi di Pasaman Sumatera Barat

Trending Now

Iklan

iklan