Dosen BK FKIP Uhamka Gunakan Teknik Spiritual Emotional Freedom Technique dan Psikoterapi Islam di Tenda Pengungsian Batang Timbo Abu Pasaman

Selasa, 22 Maret 2022 | 13:52 WIB Last Updated 2022-03-22T06:53:03Z



KabarPendidikan.id
 Dosen Pendidikan Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) UniversitasMuhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) memberikan layanan Bimbingan dan dan Konseling terhadap ibu-ibu korban bencana gempa di dalam tenda pengungsian Korban Gempa Bumi di Pasaman Barat, Kamis (17/3).

Kegiatan yang dilakukan bersama dengan Dosen IAIN ini ditujukan untuk mereduksi stres, kecemasan, sakit fisik pada ibu-ibu di tenda pengungsian. teknik SEFT dan Psikoterapi Islam.

 

Fatma Nofriza selaku dosen Uhamka mengungkapkan bahwa teknik SEFT ini sangat cocok di berikan kepada ibu-ibu di tenda pengungsian akibat gemoa bumi. Dimana di lokasi ini banyak di temukan ibu-ibu yang mengalami ketakutan, kecemasan dan sakit secara fisik.

 

“SEFT ini merupakan salah satu jenis terapi yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah emosi dan sakit Fisik. Dalam pelaksanaannya akan menggabungkan antara  nilai spiritualitas melalui doa keikhlasan, kepasrahan dan energy psychology positif yang ada di dalam diri individu,” ujarnya.

Setelah mengikuti kegiatan, terlihat bagaimana perubahan wajah ibu-ibu yang melihatkan bagaimana rasa ketakutannya sudah berkurang dan bahkan ada yang lansung mengucapkan terima kasih dan merasa lega. Kemudian melihat respon tersebut Fittniwilis selaku dosen Uhamka lansung meresponnya dengan memberikan penguatan dan motivasi kepada ibu-ibu tentang makna kehidupan dan di integrasikan dengan menggunakan terapi zikir dan keagamaan biar ibu-ibu tersebut semakin kuat dan semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya.

“Kegiatan konseling trauma ini merupakan salah satu respon pendidikan BK FKIP Uhamka terhadap bencana yang terjadi di daerah pasaman. Dosen-dosen BK FKIP Uhamka diberi kesempatan untuk melakukan pengabdian masyarakat oleh LPPM Uhamka dan juga restui pimpinan Uhamka dan Pimpinan FKIP Uhamka di daerah Pasaman barat, daerah terdampak Bencana gempa bumi beberapa waktu lalu. Kegiatan ini juga berkerjasama dengan Pimpinan Wilayah Aisyiyah dan IAIN Batusangkar yang sanagat memabantu kami dalam mensukseskan kegiatan konseling trauma ini,” tutur Dony Darma Sagita salah satu tim yang turun kelapangan.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen BK FKIP Uhamka Gunakan Teknik Spiritual Emotional Freedom Technique dan Psikoterapi Islam di Tenda Pengungsian Batang Timbo Abu Pasaman

Trending Now

Iklan

iklan