Uhamka Turut Laksanakan IISMA dalam Mengirimkan Mahasiswanya ke Universitas Luar Negeri

Jumat, 11 Februari 2022 | 10:10 WIB Last Updated 2022-02-11T03:10:00Z


Kabarpendidikan.id
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) kembali mendapatkan kehormatan dalam kegiatan Internasionalisasi kampus di Indonesia dengan menjadi host Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Partnership Week yang dihadiri oleh Perguruan Tinggi yang telah mengirim mahasiswa di IISMA tahun 2021 lalu (10/2).

IISMA Partnership Week merupakan program rekomendasi dengan mengirimkan mahasiswa Indonesia untuk melakukan kegiatan kredit transfer di Perguruan Tinggi terbaik di dunia. Hal ini pula merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang tidak mudah untuk dicapai. Mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan ini harus memiliki kecakapan berbahasa Inggris yang baik, IPK yang diatas rata-rata, serta lolos seleksi berkas dan seleksi wawancara.

Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka merespon baik akan kegiatan ini, ia mengatakan bahwa “Uhamka adalah kampus yang dinamis dalam kegiatan internasionalisasi yang akan terus berlanjut sesuai dengan tuntutan zaman. Uhamka senantiasa senang berkolaborasi dengan berbagai mitra di dalam dan luar negeri” tuturnya.

Di lain pihak, Andi Rahadiyan Wijaya selaku Koordinator Program IISMA Kemendikbudristek menyampaikan tanggapannya tentang program ini dengan kampus di luar negeri.

“RUDN University merupakan kampus yang memiliki sejarah panjang dan berkaitan dengan sejarah Indonesia. Karena itu berharap agar para pegiat KUI di PTDN dapat menjadikan RUDN University sebagai mitra kerjasama dengan pihak kampus di Indonesia” ujar Andi.

Acara tersebut dipandu oleh MC Fathia Amalia Sulthonah, mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan merupakan Awardee Erasmus+ di Sofia University St Kliment Ohridski Bulgaria 2020.

Pada sesi presentasi, Perwakilan dari RUDN University  Gabriel A. Mashiofak, didampingi oleh Papkova Anna sebagai wakil ketua bidang, menampilkan video pengenalan terkait RUDN University, keduanya memberikan beberapa penjelasan mengenai program-program yang terdapat di RUDN University, lengkap dengan informasi link website untuk informasi lebih lanjut terkait fakultas dan jurusan yang tersedia di RUDN University.

Setelah itu, acara berlanjut pada agenda sesi diskusi atau sesi tanya jawab yang dipandu oleh Silih Warni selaku Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka.

Adapun hasil diskusi menyatakan bahwa RUDN University membuka kesempatan yang luas kepada universitas-universitas di Indonesia untuk berkolaborasi dan bekerjasama secara internasional terutama pada departemen dan fakultas ekologi hukum dan science, meski tidak menutup kemungkinan juga pada departemen dan fakultas lainnya. RUDN University juga sangat terbuka untuk menjalin aktifitas terbuka seperti joint-research, konferensi internasional dalam berbagai bidang, program kuliah double-degree (dengan beberapa ketentuan), serta kegiatan pertukaran pelajar bersama universitas di Indonesia. Dan pada April 2022 nanti RUDN University akan membuka international conference, dimana yang dipublish akan masuk kedalam journal scoops.

RUDN University juga membuka online short-course class gratis kepada seluruh mahasiswa dari berbagai negeri dengan topik-topik tertentu seperti “climate change”, “environmental norms and regulations”, dan lainnya

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Uhamka Turut Laksanakan IISMA dalam Mengirimkan Mahasiswanya ke Universitas Luar Negeri

Trending Now

Iklan

iklan