Masa Depan Karya Seni Generasi Muda

Senin, 07 Februari 2022 | 10:08 WIB Last Updated 2022-02-07T03:08:00Z

  



Oleh : Muhammad Rasya Hammami 

PBSI Uhamka


Karya seni adalah ciptaan artistik atau benda estetik. Meskipun demikian, karya seni mungkin juga digunakan untuk menyebut karya apa pun yang dianggap berseni dalam artian paling luasnya, sehingga karya seni juga melingkupi karya-karya sastra dan musik. Contoh dari karya seni seperti lukisan, patung, music, video visual dan masih banyak lagi.

Generasi muda atau yang biasa disebut generasi milenial sudah  banyak yang melakukan hal kesenian sampai bisa dijadikan pekerjaan. Seiring perkembangannya teknologi, generasi muda memiliki kreatifitas yang beragam. Salah satunya melalui karya seni dan industri kreatif. Tidak hanya di industry kreatif , generasi muda juga banyak yang berkreasi di dunia seni rupa seperti menjadi pelukisdan pemahat patung.

Di era globalisasi ini yang perkembangan teknologi sangat cepat akan masuk seni seni lain yang hadir, contoh nya seperti seni rupa modern yang sudah terjadi. Seni rupa modern adalah seni rupa yang tidak terbatas pada suatu tradisi, pakem atau adat suatu daerah yang berusaha mengembangkan seni rupa berdasarkan filsafat, ilmu dan prinsip-prinsip seni yang lebih maju. Istilah modern dalam seni rupa dikaitkan dengan seni di mana tradisi masa lalu telah dikesampingkan dalam rangka mengangkat eksperimen demi kemajuan seni.

Sifat dan ciri seni rupa modern adalah sebagai berikut, eksperimental memiliki inovasi/pembaruan (Inovation), mengusung nilai baru (Novelty), orisinal (tidak mengulang tradisi)

Jadi kita sebagai generasi penerus yang masih muda harus memahami atau setidaknya bisa menghargai karya seni seseorang. Jika kita selalu menganggap remeh hal seperti membajak film, mengambillukisan dari internet yang tidak tercantum nama pelukisnya dan masih banyak lagi halyang merusak kemajuan seni di Negara kita. Bagaimana jika anak dan cucu kita nanti akan susah untuk menerima karya dari seniman karena seniman yang sudah malas untuk membuat karya karena tidak dihargai oleh masyarakat.

Sekarang pemerintah juga telah menargetkan pada 2030 mendatang, devisa negara akan ditopang oleh industri ekonomi kreatif. Menurut penuturan Enrico Tanuwidjaja selaku Economic Research Head UOB Indonesia, saat ini generasi milenial memainkan peran penting dalam pengembangan seni dan budaya Indonesia.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Masa Depan Karya Seni Generasi Muda

Trending Now

Iklan

iklan