Ma'ruf Amin Harap Perguruan Tinggi dapat Berperan dalam Mengatasi Masalah Pengangguran

Rabu, 05 Januari 2022 | 13:12 WIB Last Updated 2022-01-05T06:41:59Z

 


Kabarpendidikan.id
 Ma'ruf Amin selaku Wakil Presiden RI meminta kepada perguran tinggi untuk memberikan solusi untuk mengatasi masalaha pengangguran di Indonesia hingga di Asia Tenggara.


Maruf menganggap bahwa solusi dari perguran tinggi dapat menjadi salah satu dari enam peran yang bisa dilakukan untuk kepentingan Indonesia di ASEAN


"perguruan tinggi dapat memberikan sebuah jalan keluar atas permasalahan pengangguran di Indonesia dan di ASEAN  melalui pengembangan relasi dalam bidang ketenagakerjaan. Melalui hal ini kita harap kerja sama ASEAN bisa membawa pengaruh yang lebih baik bagi generas muda di ASEAN," ujar Maruf pada acara Dies Natalis ke-59 Universitas Brawijaa, Rabu (5/1).


Maruf melanjutkan, perguruan tinggi juga harus memberi arahan dan pertimbangan mengenai isu prioritas yang menjadi urgensi Indonesia dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial-budaya di kawasan ASEAN.


Selanjutnya ia meminta perguruan tinggi untuk melewati tantangan dan memenuhi kebutuhan ASEAN lewat pengembangan pada sektor ekonomi atau priority ecnomic deliverables (PED). selain itu perguruan tinggi harus selaras dalam komitmen pemerintah untuk melakukan integrasi ekonomi ASEAN.


"Terakhir, sya aharap perguruan tinggi mampu memajukan kerja sama ekonomi kreatif di ASEAN sebagai bentuk kiat dalam pemulihan ekonomi ASEAN," tutur Ma'ruf. 


 (DYL)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ma'ruf Amin Harap Perguruan Tinggi dapat Berperan dalam Mengatasi Masalah Pengangguran

Trending Now

Iklan

iklan