Mahasiswa PGSD Uhamka Adakan Kegiatan Pemberdayaan Keluarga Dhuafa guna Meningkatkan Perekonomian saat Pandemi Covid-19

Rabu, 12 Januari 2022 | 08:15 WIB Last Updated 2022-01-18T05:04:24Z


Kabarpendidikan.id Tim mahasiswa PGSD FKIP Uhamka mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang terdampak Covid-19 di Jati Waringin Bekasi Senin (03/01). Mereka Bernama Syifa Nur Aulia, Tita Karina, dan Devia. Pemberdayaan masyarakat dilakukan dalam bentuk pemberian modal usaha dan edukasi kepada keluarga kurang mampu yaitu keluarga Sofiyah.


Amirullah selaku dosen mata kuliah Kemuhammadiyahan mengatakan bahwa pemberdayaan masyarakat bagi masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 merupakan bagian dari semangat menjalankan ajaran Islam untuk membantu kelompok dhuafa dan musthadafin sebagai tugas akademik.


 

“Selain tugas akademik, ini juga bagian dari semangat menjalankan ajaran Islam yang dalam istilah di Muhammadiyah dikenal sebagai teologi Al-Maun. Kami memberikan edukasi religious, maksudnya adalah sebagaimana kemudian keluarga-keluarga ini tetap menjalankan usahayanya, optimis, dan selalu berdoa kepada Allah agar dimudahkan dalam usahanya. Kami juga memberikan modal usaha berupa barang-barang yang dibutuhkan supaya berkembang jualannya ditengah pandemi.” Ujarnya.



Shofiyah bekerja sebagai buruh cuci yang berperan sebagai kepala rumah tangga karena suaminya telah meninggal dunia 3 bulan yang lalu dan memiliki 5 orang anak sebagai tanggungan hidupnya sangat bahagia dan haru mendapat perhatian dan kepedulian dari tim mahasiswa.


 

"Saya seperti mimpi, masih tidak menyangka bisa mendapatkan semua ini untuk usaha jualan," ujarnya.


  

Sebelum kegiatan tersebut tim mahasiswa membuka donasi seperti membuat proposal, pamflet yang disebar di media sosial milik kami.



Devia perwakilan tim menerangkan, “Alhamdulillah kami mendapatkan dana sebesar Rp. 3.220.000 setelah membuka penggalangan dana selama kurang lebih 1 bulan. Rencanannya, dana yang terkumpul ini kami akan serahkan kepada keluarga Sofiyah untuk digunakan berjualan aneka es dan jajanan lainnya,” ungkap Devia.

 

 

Kegiatan pemberdayaan ini membuat tim mahasiswa semakin lebih bersyukur atas rezeki yang telah Allah SWT telah berikan.



“Begitu pula saya senang dapat membantu sesama walaupun bantuan yang saya dan teman-teman berikan dan lakukan tidaklah banyak dan tergolong sederhana,” ujar Syfa dan Tita.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa PGSD Uhamka Adakan Kegiatan Pemberdayaan Keluarga Dhuafa guna Meningkatkan Perekonomian saat Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan