Unik, Tim Pengabdian Masyarakat UMM adakan Pelatihan Pembuatan Bakso Rumput Laut

Sabtu, 25 Desember 2021 | 20:10 WIB Last Updated 2022-01-03T13:13:19Z


Kabarpendidikan.id 
Tim pengabdian dosen Teknologi Pangan, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memberikan pelatihan cara membuat bakso rumput laut di SMKN 2 Batu. Bakso termasuk salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia terutama di Kota Malang dan Batu. Oleh sebab itu, tim pengabdian memilih tema tersebut pada Kamis (23/12). 


Ketua tim, Prof Noor Harini menjelaskan, rumput laut merupakan sumber serat yang bagus. Oleh karena itu, bakso dengan bahan baku rumput laut memiliki kandungan yang kaya dan sehat. 


"Adapun jenis yang dipakai yakni Euchemma cottonii, rumput laut yang berasal dari Pulau Karimun Jawa," tutur Noor.


Menurut Noor, tubuh dalam sehari membutuhkan serat sekitar 34 gram untuk pria dewasa dan 28 gram untuk wanita dewasa. Sementara itu, rumput laut mempunyai kadar serat sekitar 11% berat basah. Kandungan ini tentu sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengontrol kolesterol serta glukosa darah.


Pada pelatihan itu, tim UMM memberikan resep bakso dan perbandingan daging sapi halus dengan bubur rumput laut. Rasio yang dianjurkan sekitar 60% dari daging sapi dan sisanya untuk rumput laut. Menariknya, bakso ini juga telah diuji secara organoleptik. 


Noor menambahkan bahwa "Hasilnya para peserta pelatihan menyatakan kesukaan akan bakso dengan substitusi rumput laut tersebut," ujarnya.


Salah satu peserta pelatihan, Ika Melinda menilai bakso yang dibuat merupakan salah satu makanan yang unik. Hal ini mengingat sebagian bahan baku yang digunakan tidak lazim dipakai, yakni rumput laut. Menurutnya, tekstur yang dihasilkan juga halus seperti bakso pada umumnya.


Rasanya cukup enak tapi ada beberapa hal yang perlu disesuaikan. Salah satunya tingkat keasinan yang bisa ditambahkan nantinya. Ika berharap bakso unik ini bisa dikomersialkan dan dijual kepada masyarakat luas sehingga masyarakat juga dapat merasakannya.

(ADP)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Unik, Tim Pengabdian Masyarakat UMM adakan Pelatihan Pembuatan Bakso Rumput Laut

Trending Now

Iklan

iklan