Pertamina Bantah Isu Kebijakan Penghapusan Pertalite

Rabu, 29 Desember 2021 | 09:08 WIB Last Updated 2021-12-29T06:28:15Z

 


Kabarpendidikan.id
 Nicke Widyawati selaku Direktur Utama PT Pertamina (Persero) mengungkapkan bahwa isu tentang kebijakan penghapusan pertalite itu tidak benar. Saat ini tidak ada kebijakan tentang penghapusan BBM Ron 90 tersebut. 


"Hari ini tidak kebijakan yang berisi penghapusan BBM Pertalite, isu yang beredar tidak benar," ujar Nicke di Istana Wakil Presiden, Selasa (28/12).


Nicke menyatakan bahwa saat ini Pertamina sedang mengimbau masyarakat untuk memakai BBM dengan kadar oktan atau  riesearch octane number (RON) yang lebih tinggi. 


Pertalite memang dikenal masyarakat dengan BBM dengan RON 90 sedangkan Premium merupakan BBM dengan RON 80. Semakin tinngi sebuah tingkat RON nya, maka akan semakin kecil pula emisi yang dikeluarkan. 


Menurut Ricke, keputusan Pertamina ini sudah sejalan dengan apa yang tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2017 yang mengimbau agar BBM yang beredar di pasaran adalah BBM minimum RON 91. 


Memang sejak tahun 2020 lalu, Pertamin sudah menggaungkan Program Langit Biru yang mana untuk mendorong masyarakat untuk berpindah dari BBM Premium ke Pertalite. 


(DYL)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pertamina Bantah Isu Kebijakan Penghapusan Pertalite

Trending Now

Iklan

iklan