Ketua Dewan Pembina AYPI Dukung Penuh Reformasi Akreditasi

Sabtu, 25 Desember 2021 | 09:07 WIB Last Updated 2021-12-25T07:23:09Z

 


Kabarpendidikan.id
 - Afrizal Sinaro selaku Ketua Dewan Pembina Asosiasi Yayasan Pendidikan Indonesia (AYPI)  telah menyambut baik terobosan Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN SM) melakukan reformasi proses akreditasi sebagai upaya  penataan sistem penjaminan mutu sekolah dan madrasah.


Afrizal Sinaro selaku Ketua Dewan Pembina AYPI  menyampaikan “Tujuan dari akreditasi ini lebih menyentuh kualitas layanan kepada setiap peserta didik daripada sekadar tertib administrasi dan kelengkapan sarana prasarana pendidikan. Dengan mengubah orientasi dan sistem akreditasi yang lebih fokus pada penjaminan mutu  merupakan bukti keseriusan pemerintah memperbaiki mutu pendidikan di negeri ini. Hal ini harus kita sambut baik,” tuturnya.


Afrizal menambahkan, di sinilah peran strategis Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). 


“Berdasarkan hasil pemetaan akreditasi yang dilakukan oleh BAN SM, Kemendikbudristek  dapat melakukan pembinaan dan memfasilitasi kegiatan pelatihan bagi kepala sekolah/madrasah dan guru-guru, baik yang terkait kurikulum, pembelajaran, assesmen dan manajemen sekolah/madrasah. Yang pada akhirnya semua sekolah harus bermutu,” ujar Afrizal.


Afrizal menyampaikan, ihwal reformasi proses akreditasi itu sebelumnya dikemukakan oleh Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, Anindito Aditomo dalam Diskusi Publik Akreditasi Sekolah Madrasah yang digelar pekan lalu. 



"Dalam diskusi tersebut, Anindito Aditomo mengemukakan  bahwa Kemendikbudristek meminta BAN SM melakukan reformasi proses akreditasi. Hal ini untuk mempermudah penataan penjaminan mutu sekolah dan madrasah," tutur Afrizal.


(ADP)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketua Dewan Pembina AYPI Dukung Penuh Reformasi Akreditasi

Trending Now

Iklan

iklan