Satgas Covid Kabupaten Sragen Lakukan Tes Swab Acak pada Ribuan Siswa

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:15 WIB Last Updated 2021-10-22T03:26:59Z

Kabarpendidikan.id 
Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sragen mengantisipasi klaster penularan selama pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah dengan melakukan tes swab acak pada ribuan siswa. Dalam tes swab acak tersebut beruntung tidak ada temuan siswa maupun guru yang positif Covid-19.

 

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sragen Prihantomo menyampaikan bahwa pihaknya telah mewanti-wanti mengenai protocol Kesehatan yang tetap harus diterapkan secara ketat sejak awal dilakukan PTM.

 

”Sejak awal kami antisipasi dengan swab test acak ke sekolah-sekolah. Sehingga tidak sampai terjadi klaster. Sejauh ini sudah ada sekitar 1.000 siswa yang dites. Hasilnya tidak ada temuan yang terpapar Covid-19,” ujarnya, kemarin (21/10).

 

Lebih lanjut ia turut menyampaikan agar para siswa di sekolah dilakukan pengukuran suhu sejak awal masuk. Demikian juga ketika pulang sekolah. Sebagai langkah antisipasi dan menepis anggapan terjadi klaster sekolah.

 

”Misalnya terpapar pun belum tentu di sekolah. Kadang jika yang terpapar anak sekolah mengarahnya ke klaster sekolah. Situasi ini tentu berdampak ke banyak sekolah yang lain,” ujarnya.

 

Dia menjelaskan protokol kesehatan dilaksanakan ketat di sekolah. Salah satunya yakni kuota hanya 50 persen siswa yang hadir PTM. Jika pihak orang tua siswa kurang berkenan PTM, juga tetap dilaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

 

”Semua sekolah sudah PTM, dengan ketentuan protokol kesehatan. Jika siswa belum mau PTM, PJJ juga tetap dilayani,” ujarnya.

 

Pihaknya tentunya tidak ingin terjadi kasus Covid-19 seperti di Solo. Jika hal buruk terjadi dan ada kasus Covid-19, sekolah diminta cepat mengambil langkah. Semisal ada beberapa warga sekolah terpapar, pihak sekolah bisa menghentikan PTM dan beralih PJJ.

 

”Semoga saja tidak terjadi. Namun jika darurat, pihak sekolah bisa ambil keputusan dulu. Baru selanjutnya dilaporkan dinas biar tidak lambat pengambilan keputusannya,” tuturnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Satgas Covid Kabupaten Sragen Lakukan Tes Swab Acak pada Ribuan Siswa

Trending Now

Iklan

iklan