Peran Teknologi di Masa Pandemi Covid-19

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 09:07 WIB Last Updated 2021-10-16T02:07:00Z

 



Karya Laela Dian Permani

Mahasiswa S1 Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Teknologi adalah alat atau mesin yang diciptakan oleh manusia untuk membantu manusia dalam mengerjakan berbagai hal supaya lebih mudah dan efisien. Pada saat ini teknologi berkembang semakin cepat, canggih dan tidak bisa di pisahkan dengan kehidupan manusia, segala pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dengan adanya teknologi tersebut.

Pada awal bulan Maret 2020, Indonesia mulai di serang oleh virus corona yang berasal dari kota Wuhan,China. Virus corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut covid-19, virus corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

Sejak adanya virus corona tersebut kehidupan masyarakat mulai terganggu dan pandemi covid-19 ini telah mengakibatkan banyak perubahan bagi kehidupan masyarakat di berbagai aspek, kegiatan masyarakat menjadi di batasi dan itu mempersulit masyarakat.

Sejak awal munculnya virus corona di Indonesia, Pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan dimana masyarakat Indonesia diharuskan untuk menjaga jarak antara satu dengan yang lain minimal satu setengah meter sehingga masyarakat Indonesia dipaksa untuk stay at home atau di rumah saja dan melakukan seluruh aktivitas dari rumah dan membatasi kegiatan di luar rumah seperti sekolah, kuliah, kerja dan kegiatan lainnya yang biasanya dilakukan di luar rumah sekarang harus dilakukan di rumah dengan cara daring (dalam jaringan) atau biasa yang di sebut dengan online. 

Teknologi di masa pandemi covid-19 ini sangat berperan penting dalam membantu kegiatan masyarakat yang dilakukan secara daring. Siswa atau mahasiswa yang biasanya melakukan sekolah atau kuliah dengan tatap muka sekarang dilakukan dengan cara daring melalui aplikasi di handphone atau laptop masing-masing, begitupun dengan para pekerja kantoran yang biasanya melakukan kerja dengan pergi ke kantor sekarang melakukan pekerjaan tersebut dari rumah dengan cara daring melalui komputer atau handphone masing-masing, di aspek kesehatan juga ada yang dilakukan dengan daring seperti konsultasi oleh pasien yang biasanya harus dengan pergi ke rumah sakit sekarang bisa dilakukan secara virtual.

Pandemi covid-19 ini juga mengakibatkan perekonomian negara mengalami penurunan secara drastis, para pedagang mulai resah karena dagangannya mulai sepi akibat dari seluruh kegiatan di luar rumah mulai di batasi. Namun, dengan adanya teknologi semua bisa teratasi dengan mudah, para pedagang atau orang-orang yang memiliki usaha mulai menawarkan dagangannya melalui internet, semua proses transaksi mulai dari pemesanan, pembayaran dan pengiriman dilakukan dengan cara online sehingga perekonomian masih bisa berjalan dan kebijakan pemerintah juga tetap bisa di patuhi. 

Di masa pandemi covid-19 ini belanja online juga mulai menjadi gaya hidup masyarakat yang baru, dengan mengandalkan teknologi semua bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Salah satu teknologi atau aplikasi yang sekarang sering di gunakan oleh masyarakat adalah Go-Jek dan Grab, dengan adanya aplikasi tersebut masyarakat bisa melakukan segala pembelian dengan cara online seperti membeli makanan, mengantarkan barang, membeli obat bahkan untuk membeli sayuran dan keperluan dapur lainnya bisa di beli melalui aplikasi tersebut.

Segala informasi yang terkait dengan covid-19 ini juga di informasikan lewat teknologi melalui website-website, instagram, youtube dan akun media sosial lainnya yang dikelola langsung oleh pemerintah sehingga masyarakat bisa mengetahui dan memperoleh informasi dengan lebih cepat dan lebih mudah. Melalui teknologi juga, para seniman atau artis mempublikasikan karyanya secara daring seperti konser yang biasanya dilakukan dengan tatap muka di dalam sebuah tempat atau gedung sekarang dilakukan dengan cara virtual atau online.

Adanya teknologi di masa pandemi covid-19 ini mempermudah seluruh kegiatan masyarakat dalam melakukan segala kegiatan yang dilakukan di dalam rumah, menerima informasi dengan cepat dan bisa mengembangkan kreatifitas masyarakat supaya lebih bisa memanfaatkan teknologi dengan baik. Tetap jaga kesehatan dan patuhi seluruh kebijakan pemerintah, semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktivitas kembali seperti semula.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peran Teknologi di Masa Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan