Pentingnya Pendidikan Karakter Meski Ditengah Pandemi

Senin, 11 Oktober 2021 | 14:42 WIB Last Updated 2021-10-11T09:25:39Z

 


Kabarpendidikan.id 
Pendidikan karakter menjadi hal yang penting untuk dimiliki siswa saat ini. Karakter yang kuat menjadi pondasi dasar bagi siswa dalam menghadapi tantangan di masa depan. Namun masa pandemi yang masih kunjung belum berakhir menjadi kendala dalam proses penanaman  karakter siswa.

 

“Salah satu karakter yang penting ditanamkan dan dikembangkan adalah karakter kedisiplinan,” kata Dr Yusron Masduki MPd, Ketua Tim Pengabdian Masyarakat di Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul, Sabtu (09/10/2021).

 

Ia mengatakan, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta khususnya di prodi Pendidikan Agama Islam mempunyai program pengabdian bagi masyarakat khususnya pada sekolah-sekolah di wilayah Yogyakarta.  Salah satu pengabdian yang di lakukan oleh tim pengabdian adalah tentang Pelatihan  Penanaman Karakter Disiplin pada masa pendemi di SMP Muhammadiyah Pleret Bantul.

 

Lebih lanjut menurut Yusron Masduki, selaku Ketua Tim pengabdian, menjelaskan  bentuk – bentuk penanaman karakter bagi siswa merupakan materi wajib dalam pendidikan. Oleh karenanya diperlukan upaya-upaya intensif untuk memebekali siswa meskipun di masa pendemi.

 

Ditambahkan  Sukirman selaku Ketua Komite Sekolah dan juga Pimpinan Cabang Muhammadiyah di Pleret Bantul menyampaikan, adanya bentuk pengabdian dari kampus khususnya dari UAD sangat membantu pihak sekolah dalam upaya meningkatkan karakter siswa. Acara ini dilaksanakan Sabtu, (09/10/2021).

 

Bertempat di SMP Muhammadiyah Pleret kegiatan pengabdian melibatkan siswa dan guru dari pihak sekolah. Di akhir acara, tim pengabdian diwakili Yusron menekankan kepada peserta bahwa kalau ingin sukses dunia akherat, harus selalu menekankan disiplin di setiap waktu dan kesempatan, baik dalam belajar, berkarier maupun disiplin dalam mengatur manajemen berumah tangga.

 

Sehingga menjadikan sukses dalam tiga hal, yakni sukses dalam studi, sukses dalam berkarier dan berorganisasi, serta sukses dalam berkeluarga.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Pendidikan Karakter Meski Ditengah Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan