Patuhi Protokol Kesehatan agar Terhindar dari Virus Covid-19

Kamis, 07 Oktober 2021 | 05:23 WIB Last Updated 2021-10-06T22:23:00Z

 

 


Fajar Adi Nugraha

 Mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat Uhamka 

  

Menurut saya kita dapat terhindar dari segala penyakit apabila semua berawal dari kita sendiri jika kita sayang dengan diri kita sendiri maka kita harus mematuhi semua protokol kesehatan dan tetap tenang tidak panik


Menanggapi persebaran wabah gangguan pernafasan coronavirus baru dengan episentrum di Wuhan, China, Doktor dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), dr. Syahrizal Syarif, MPH, Ph.D., mengungkapkan pendapatnya sebagai dosen dan peneliti dalam bidang epidemiologi. Pada perspektif kesehatan masyarakat, Doktor Syahrizal mengungkapkan bahwa Coronavirus yang mewabah belakangan ini adalah jenis baru yg dinamai 2019-nCoV. “Sebelum ini sudah dikenal 2 jenis Coronavirus yang menjadi wabah dunia, yaitu SARS pada 2002 – 2003 yg muncul di Guangzou, China, dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS- CoV) yang ditemui September 2012 di UK berasal dari Saudi Arabia”. 2019-nCoV saat ini sudah menyebar terutama di wilayah China dengan kasus konfirmasi sekitar 4500 dengan 107 kematian (2.4%) dan menyebar juga sebagai kasus import di 19 negara. Angka kematian ini menggambarkan tingkat keganasan penyakit. Melihat angka kematian sekitar 2.5-3% relatif rendah, jika dibandingkan dengan case fatality rate SARS (10%) apalagi jika dibandingkan dengan MERS- CoV (34%). Meskipun demikian, sampai saat ini WHO masih memandang kedaruratan ancaman wabah global ini masih terbatas di wilayah China belum dunia sehingga belum ditetapkan sebagai “public health emergency of international concern“. 


Masyarakat dihimbau untuk tidak panik karena tingkat penularan virus ini .  Masyarakat tetap harus menjaga kebersihan diri, kebiasaan cuci tangan dan menggunakan masker jika mengalami gangguan pernafasan. Ancaman wabah masih terus berlangsung dan terus perlu diamati perkembangannya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Patuhi Protokol Kesehatan agar Terhindar dari Virus Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan