Meraih Cita-Cita

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 06:47 WIB Last Updated 2021-10-29T23:47:00Z

 



Karya Fatimah Suhaila Arsalia

Mahasiswa S1 Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Setiap orang pasti memiliki mimpi yang ingin mereka gapai, baik itu dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Meski begitu, masih banyak orang yang berhenti mengejar mimpi di tengah jalan karena impian mereka tak kunjung-kunjung tercapai. Tapi, apakah kamu tahu ada tips untuk membantumu meraih cita-cita?

Kamu bisa merubah mimpi-mimpimu menjadi sebuah kenyataan dengan langkah-langkah yang te-pat. Mungkin kamu bisa menjadi seorang doctor atau professional chef ataupun astronot Ketika kamu dewasa. Jadi langkah-langkah apa yang bisa kamu lakukan? 

Langkah pertama adalah untuk menentukan tujuan yang jelas adri apayang ingin kamu gapai. Masih banyak orang di luar sana yang menghabiskan waktu mereka dengan berbagai macam kegiatan serta terlalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari mereka. Agar mimpimu dapat tercapai tanpa membuang waktumu, mulai tentukan arah mimpimu mulai dari sekarang dengan metode SMART.

S – Specific, Tentukan cita-citamu secara jelas dan specific.

M – Measurable, Penting untuk miliki cita-cita yang dapat diukur perkembangannya, sehingga kamu dapat mengetahui sejauh mana usahamu telah membuahkan hasil.

A – Achievable, Selain realistis, kamu juga harus memiliki cita-cita yang sesuai dengan kemampuan serta usaha yang kamu kerahkan.

R – Relevant, “apakah ini bermanfaat untuk diriku dan orang-orang di sekitarku?”

T – Time Boound, Setiap target tentunya memiliki tenggat waktu agar kamu dapat menentukan pri-oritasmu dan menyalurkan usahamu sesuai.

Kedua, rangka “Dream Board” ala kamu. Motivasi dapat dating dan pergi dangan mudahnya, pa-dahal keinginan yang kuat merupakan salah satu faktor terpenting untuk menggapai mimpi. Dream boards dapat menjadi cara yang menyenangkan bagi kamu yang memilki banyak mimpi, karena kamu dapat menaruh mimpi-mimpi tersebut dan mengelompokkannya sesuai keinginanmu. 

Ketiga, rencanakan langkahmu. Cita-citamu tentunya tidak terwujud dengan sendirinya. Mulai ren-cankan langkah-langkahmu secara matang, seperti cari tahu apa yang perlu kamu lakukan untuk mengapai mimpimu dan terus pantau perkembanganmu. 

Keempat, perkaya wawasanmu. Senantiasa belajar dan mengembangkan keterampilan di bidang yang menjadi impianmu dapat mengantarkanmu lebih dekat dengan hal yang selama ini kamu cita-citakan. Membekali dirimu dengan berbagai ilmu da pengalaman baru pastinya akan membawa manfaat bagi kehidupanmu kedepannya. 

Terakhir, lakukan sekarang juga! Tips ini dapat dikatakan sebagai tips sederhana, namun juga dapat tip terpenting. Jangan menunda-nunda untuk mewujudkan mimpimu. Sebuah mimpi akan terus men-jadi mimpi bila kamu tidak berusaha mewujudkannya.

Itulah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mewujudkan mimpi dan cita-citamu. Walt Disney pernah mengutip, “If you can dream it, you can do it.” Mari wujudkan mimpimu mulai dari sekarang!


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Meraih Cita-Cita

Trending Now

Iklan

iklan