Membiasakan Hidup Produktif

Senin, 11 Oktober 2021 | 12:07 WIB Last Updated 2021-10-11T07:13:17Z

 


Nurhalisa Oktaviani

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKes UHAMKA


Apa yang dimaksud dengan produktif? Produktivitas merupakan suatu cara untuk mengukur apakah hal tersebut bisa dikerjakan dengan efisien. Lalu bagaimana cara mengetahui apakah kita merupakan orang yang produktif? Apakah kita bisa menghitung seberapa produktif kita dalam sehari?. Orang yang produktif bisa mengerjakan sesuatu lebih awal waktu, bukan mengumpulkan pekerjaan ketika satu jam menuju deadline.


Produktif adalah sebuah cara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan sedikit waktu dan sedikit usaha. Ketika kamu mencoba ingin produktif, itu artinya kamu mencoba untuk mencapai tujuan dan bisa meluangkan waktu untuk hal-hal penting lainnya.Agar kegiatan lebih produktif kita perlu melakukan beberapa hal. 


Yang pertama, kamu bisa melakukan kegiatan bangun di pagi hari, bangun pagi hari merupakan salah satu gaya untuk hidup sehat dan tentunya banyak manfaat. Karena, dengan bangun pagi tubuh kamu akan segar, melancarkan peredaran darah, meningkatkan daya ingat, menyehatkan paru-paru dan lain sebagainya.


Yang kedua, kamu bisa melakukan hal-hal penting, Jangan buang-buang waktu kamu untuk bermain gadget. Coba deh lakukan hal yang bisa membuat kamu lebih banyak karya atau kamu bisa menyelesaikan pekerjaan yang tertunda.


Yang ketiga, kamu bisa berfokus pada kemajuan dan pengembangan diri kamu. Coba deh ingat-ingat lagi, selama ini ada kemajuan apa sih yang ada pada diri kamu? Kalau belum berhasil atau tercapai, coba untuk fokus kembali dan lakukan apapun agar tercapai apa yang ingin kamu kembangkan.


Yang keempat, kamu jangan terlalu banyak mengeluh, karena ini merupakan sifat alamiah manusia. Akan tetapi, jangan sampai sifat mengeluh ini berdampak dengan kegiatan kamu maupun orang lain. Perlu kamu ketahui. Sifat mengeluh punya beberapa dampak negatif loh.Salah satunya bisa memperpendek usia kamu, memperburuk keadaan, menambah masalah baru dengan orang lain dan mengeluh juga bisa menular dengan yang lain.


Yang kelima, kamu bisa mengatur prioritas terlebih dahulu, seperti yang sudah dijelaskansebelumnya, kamu harus melakukan hal-hal yang penting. Dengan melakukan hal penting, kamu bisa lebih maju. Akan tetapi, kamu juga harus mengatur prioritas ya Sahabat. Kerjakan apa yang harus diselesaikan lebih dulu. Jangan semuanya kamu kerjakan secara bersamaan. Tujuannya agar kamu tidak cepat stres.


Yang keenam, carilah hal baru, kamu bisa berkumpul dengan teman-teman yang memiliki ilmu berbeda dari kamu atau bisa juga mencari di internet. Kira-kira ada hal baru apa sih yang bisa kamu pelajari. Jika ada cobalah untuk mempelajarinya dan mempraktekannya. Yang terakhir, cobalah luangkan waktu untuk refreshing, refreshing ini baik loh untuk tubuhmaupun pikiran kamu. Cobalah refreshing dengan pergi travelling, nongkrong bareng teman, kuliner, ikut komunitas atau hal lainnya yang kamu minati ya!

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Membiasakan Hidup Produktif

Trending Now

Iklan

iklan