Wajah Pendidikan di Daerah Terpencil

Selasa, 14 September 2021 | 07:00 WIB Last Updated 2021-09-14T00:00:00Z

 



Karya Indah Taufani Angkawijaya Putri

Mahasiswa FEB Uhamka

Dibalik kemewahan sekolah-sekolah di kota, fasilitas yang sangat bagus, akses kesekolah sangat lancar mungkin ada kendala hanya sebuah kemacetat biasa apakah kita pernah berfikir di plosok daerah bagaimana proses mereka menuntut ilmu? bagaimana kondisi fasilitas belajar meraka? akses yang mereka lewati seperti apa? Sangat miris melihat kondisi sekolah di saerah terpencil pada zaman yang modern ini belum bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah. Terkadang untuk bisa merasakan manfaat digital pun belum bisa karena belum mendapatkan jaringan internet, bahkan untuk mendapatkan listrik pun tidak ada, itu yang membuat anak-anak sulit mendapatkan informasi yang berada di daerah kota. Jangankan untuk seperti itu, airpun yang menurut kit aitu sangat hal kecil mereka sulit mendapatkannya. 

Kurangnya kesadaran bagi masyarakat di daerah terpencil yang measi terpaku oleh adat mereka sendiri sehingga enggan mengenal dunia luar, hal ini yang mengakibatkannya mirisnya suatu Pendidikan di Indonesia. Disisi lain masih banyak sekolah yang belum di lihat pemerintah seolah-olah pemerintah hanya focus terhadap sekolah daerah kota saja. Sangat miris bila melihat kondisi sekolah untuk tempat belajar yang seadanya saja bahkan ada juga kondisinya bahaya untuk dipakai bisa disebut juga sudah tidak layak pakai, fasilitas yang seadanya, jarak lokasi ke sekolah sangat jauh bahkan sampai ada yang harus menyebrangi sungai untuk bisa sekolah. Lalu kurangnya tenaga pendidik di suatu daerah terpencil banyak menganggap bahwa mengajar di daerah terpencil gajinya lebih kecil. Jauh berbeda dengan gaji yang di kota. 

Dengan adanya berbagai macam masalah yang terkait dengan Pendidikan di daerah terpencil ini, saya yakin meraka para guru ataupun siswa sangat-sangat berharap terhadap pemerintah agar bisa melirik sekolah yang berada di daerah terpencil dengan memberikan suatu fasilitas yang sangat layak baik dari bangunan ataupun alat belajar, tenaga pendidik yang bisa mengajari mereka dengan baik dan yang lainnya mengenai sekolah tersebut. Saya harap pemeritah bisa setarakan mereka dengan sekolah-sekolah yang berada di kota.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wajah Pendidikan di Daerah Terpencil

Trending Now

Iklan

iklan