RSGM Unair Telah Resmi Dibuka

Sabtu, 18 September 2021 | 09:17 WIB Last Updated 2021-09-18T04:19:32Z

 

Kabarpendidikan.id Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Airlangga (Unair) telah resmi dibuka sebagai rumah sakit keempat di Indonesia yang mendapatkan akreditasi sebagai RSGM Pendidikan. Akreditasi itu diberikan oleh Kementerian Kesehatan. Direktur RSGM Unair Coen Pramono menyampaikan, pihaknya melewati berbagai proses yang tidak mudah untuk mendapatkan titel sebagai RSGM pendidikan.

 

RSGM Unair harus melalui proses panjang karena sebelumnya Rumas sakit ini hanya berbentuk klinik biasa yang melekat pada Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unair. “Klinik biasa ini kemudian bermetamorfosis menjadi RSGM, hingga kemudian karena ada aturan aturan baru, maka RSGM ini harus berubah menjadi RS pendidikan,” tutur Coen di Surabaya.

 

Coen juga menyampaikan, perubahan menjadi RS perlu dilakukan demi memberikan pelayanan yang terbaik untuk publik. Menurutnya, hal yang paling hakiki dalam pelayanan adalah keamanan pasien dari bahaya seperti komplikasi.

 

Coen bertutur “Prosesnya tidak main-main karena terkait dengan penyelamatan manusia. Dengan menjadi RS, keselamatan pasien bisa ditangani dengan lebih cepat.”

 

Proses akreditasi sangat panjang karena ada beberapa hal yang perlu dilihat agar RSGM Unair dinyatakan layak sebagai RS Khusus. Coen bersyukur karena RSGM Unair mendapatkan bintang lima dalam penelitian akreditasi.

 

“Hal itu karena kami melakukan operasional sesuai dengan ketentuan dari Kemenkes. RSGM Unair memiliki rawat jalan, rawat inap, ruang bedah, pengelolaan limbah, dan semua hal yang dipersyaratkan RS khusus,” kata dia.

 

RSGM Unair dirasanya perlu mendapatkan kualifikasi sebagai RS pendidikan karena selain melayani pasien, juga digunakan sebagai RS pendidikan tingkat S1 hingga spesialis di lingkungan FKG Unair. “Akreditasi RS Pendidikan ini menjadi penting untuk menyelenggarakan pendidikan, pelayanan, dan penelitian di FKG Unair,” kata dia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • RSGM Unair Telah Resmi Dibuka

Trending Now

Iklan

iklan