Yuk Simak Sikap yang Penting Diterapkan Oleh Mahasiswa saat Magang!

Jumat, 27 Agustus 2021 | 13:03 WIB Last Updated 2021-08-27T09:01:39Z

Kabarpendidikan.id  Bagi mahasiswa yang lolos dan berhasil mengikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), inilah saat yang tepat untuk mempersiapkan diri. Ketika memulai magang nanti terdapat beberapa sikap yang dapat diterapkan saat magang nanti.

 

Pelaksanaan magang harus dilakukan sebaik mungkin agar kegiatan magang dapat berjalan lancar. Ketika magang mahasiswa juga akan memperoleh pengalaman bekerja sebelum benar-benar terjun di dunia kerja. Pengalaman tersebut nantinya akan sangat berguna setelah lulus kuliah agar tidak kaget saat sudah menjadi pegawai.

 

Nah sebelum menjadi mahasiswa magang terdapat beberapa hal yang harus diketahui dan diterapkan apakah saja itu? Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari akun Instagram resmi Ditjen Dikti:

 

  • Disiplin dan Tepat Waktu

 

Saat mengikuti magang di perusahaan, mahasiswa tentunya harus menaati segala peraturan yang ada diperusahaan. Peraturan tersebut seperti datang tepat waktu, baik saat datang ke kantor, menghadiri rapat, atau dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh mentor.

 

  • Ulet dan Gigih

 

Sifat yang diterapkan saat magang yang kedua adalah ulet dan gigih. Sifat ini diperlukan agar mahasiswa magang dapat bekerja dengan maksimal serta memiliki kualitas kerja yang baik. Untuk itu mahasiswa harus dapat menghadapi berbagai tekanan kerja dengan baik agar bisa menjaga emosi secara bijak di tempat magang.

 

  • Memiliki Inisiatif yang Tinggi

 

Mahasiswa magang harus memiliki inisiatif yang tinggi saat melakukan pekerjaan di tempat magang. Memiliki inisiatif yang tinggi merupakan sebuah keunggulan.

 

Jangan takut untuk bertanya jika ada pertanyaan yang kurang jelas dan beranikan diri untuk mengemukakan ide-ide baru kepada mentor.

 

  • Ramah dan Mudah Bergaul

 

Di tempat magang, mahasiswa magang akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Hal yang harus dilakukan adalah tetap bersosialisasi dan ramah terhadap siapapun agar mereka dapat merasa nyaman saat bekerja sama denganmu.

 

Nah itu tadi adalah 4 sifat yang diterapkan saat magang yang bisa kalian terapkan. Jangan lupa untuk diterapkan ya!

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Yuk Simak Sikap yang Penting Diterapkan Oleh Mahasiswa saat Magang!

Trending Now

Iklan

iklan