Yuk Kenalan Dengan STMKG, Sekolah Kedinasan di Bawah Naungan BMKG

Senin, 02 Agustus 2021 | 10:04 WIB Last Updated 2021-08-03T00:10:24Z

  

Kabarpendidikan.id Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) memiliki sejarah panjang dalam proses perjalanannya. Sekolah kedinasan ini berdiri sejak 1955 di Bandung. Kini STMKG berada di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

 

Sejarah STMKG dimulai dari didirikannya akademi tersebut di Bandung pada tahun 1955. Saat itu, STMKG bernama AMG dengan lokasi kampus berada di Institut Teknologi Bandung (ITB).

 

Pada tahun 1960, AMG dipindah ke Jakarta dan kampusnya berlokasi di kantor Kantor Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG). Pada tahun tersebut hingga 1978, AMG berada di bawah naungan Pusat Meteorologi dan Geofisika.

 

Di tahun yang sama, AMG kemudian berubah nama menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG) dan statusnya berada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan.

 

Pada tahun 2000 BPLMG kembali menjadi AMGdan kampusnya pindah lagi ke Pondok Betung, Bintaro. Hingga 2004, AMG masih dinaungi oleh Badan Diklat Departemen Perhubungan. Baru pada 2005, sekolah kedinasan ini dipayungi oleh BMKG yang kala itu masih bernama BMG.

 

Baru pada tahun 2014 AMG berubah menjadi STMKG menurut Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2014 tanggal 23 April 2014. Saat itu, BMG juga sudah menjadi BMKG pada 2008.

 

STMKG memiliki 4 program studi (prodi), yaitu meteorologi, klimatologi, geofisika, dan instrumentasi. Tiap prodi tersebut memiliki jenjang D4.

 

Perguruan ini juga mempunyai berbagai organisasi mulai dari kerohanian, kesenian, keilmuan, hingga marching band untuk mewadahi para taruna yang ada di sana.

 

STMKG sendiri sudah melaksanakan penerimaan taruna baru di tahun ini. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di instansi tersebut baru saja dilaksanakan pada 1 Juli 2021.

 

Itu dia profil singkat sekolah kedinasan yang dipayungi BMKG ini. Tertarik mendaftar tahun depan?

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Yuk Kenalan Dengan STMKG, Sekolah Kedinasan di Bawah Naungan BMKG

Trending Now

Iklan

iklan