Pendidikan sebagai Sarana Pengembangan Potensi Manusia

Senin, 02 Agustus 2021 | 08:16 WIB Last Updated 2021-08-02T01:16:00Z

 

Karya Nun Nuzulul Hudan 

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Manusia merupakan makhluk yang menempati posisi istimewa di Dunia ini. Seperti yang terdapat dalam surat Al-Baqarah, Manusia terdiri dari dua substansi pertama, substansi jasad/materi yang bahan dasarnya adalah dari materi yang merupakan bagian dari alam semesta ciptaan Allah dan dalam pertumbuhan dan perkembangannya tunduk dan mengikuti aturan, ketentuan, hukum Allah yang berlaku di alam ini, kedua, substansi materi / non jasadi, yaitu peniupan ruh ke dalam diri manusia sehingga manusia merupakan benda organik yang mempunyai hakikat kemanusiaan serta mempunyai berbagai alat potensial dan fitrah.


Definisi pendidikan Menunjukkan bahwa pendidikan dipandang sebagai hal yang sangat Penting, sehingga banyak pihak yang merasa perlu untuk memberikan Definisi dan pengertian. Pendidikan menurut pengertian Yunani adalah Pedagogik, yaitu ilmu menuntun anak. Orang Romawi melihat pendidikan Sebagai educare, yaitu mengeluarkan dan menuntun, tindakan Merealisasikan potensi anak yang dibawa waktu dilahirkan di dunia. Bangsa Jerman melihat pendidikan sebagai Erziehung yang setara dengan Educare, yakni membangkitkan kekuatan terpendam atau mengaktifkan Kekuatan/potensi anak.


Al-Qur`an menggunakan empat term untuk menyebutkan manusia, yaitu basyar, al-nas, bani adam dan al-insan. Keempat term tersebut mengandung arti yang berbeda -beda sesuai dengan konteks yang dimaksud dalam al-Qur`an yang pertama basyar  yang memiliki makna bahwa manusia itu adalah sebagai makhluk biologis. Kedua al-nas menjelaskan bahwa manusia itu adalah sebagai makhluk sosial. Ketiga Bani Adam yang menjelaskan bahwasannya manusia adalah makhluk rasional. Dan yang terakhir al-insan yang menjelaskan tentang manusia itu sebagai makhluk spiritual. 


Manusia merupakan makhluk pilihan Allah yang mengembangkan tugas ganda, manusia juga di sebut makhluk yang paling baik di antara semua makhluk. Alam fisik-material manusia tersusun dari unsur tanah, air, api dan udara. Keempat unsur tersebut adalah materi dasar yang mati. Kehidupannya tergantung kepada susunan dan mendapat energi kehidupan yang disebut dengan nyawa atau daya kehidupan yang merupakan vitalitas fisik manusia.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pendidikan sebagai Sarana Pengembangan Potensi Manusia

Trending Now

Iklan

iklan