Posko PPKM di Desa Permudah Edukasi Prokes Covid-19

Jumat, 06 Agustus 2021 | 10:56 WIB Last Updated 2021-08-08T05:48:37Z

 

kabarpendidikan.id Rohidin Mersyah, Gubernur Bengkulu menyampaikan bahwa pembentukan posko PPKM sampai ketingkat desa merupakan bentuk upaya pemerintah dalam mempermudah edukasi pada masyarakat.

 


Hal ini dilakukan untuk mendorong kesadaran masif masyarakat tingkat desa agar bersama-sama disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) untuk mencegah penularan Covid-19.


 

"Posko Satgas Covid-19 ini harus dijalankan dan pasti butuh biaya. Maka pak Sekda Kabupaten tolong pastikan melalui Dinas PMD dan Camat di wilayah itu fasilitas penggunaan anggaran dana desa," tutur Gubernur Rohidin saat memberikan pengarahan saat kunjungan bersama Forkopimda di Rumah Dinas Bupati Bengkulu Selatan, 05/08/2021.


 

Dana desa di tahun 2021, bisa dialokasikan untuk operasional Satgas minimum 8 persen dari Anggaran Dana Desa (ADD), jelas Rohidin.

 

"Jadi boleh lebih dari 20 persen pihak desa mengalokasikan anggaran penanganan Covid-19 tersebut," tegas mantan Wakil Bupati Bengkulu Selatan ini.


 

Menurut Gubernur, hal ini dilakukan untuk meningkatkan peran Satgas desa dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menerapkan 5 M lebih maksimal, karena mereka lebih dekat interaksinya dengan masyarakat desa.

 


Terkait rumah sakit di luar 3 rumah sakit rujukan yang ditetapkan Kemenkes RI, Gubernur Rohidin juga menjelaskan jika sudah menambah 6 rumah sakit berdasarkan
SK Gubernur untuk menanganan Covid-19 di Bengkulu.


 

Rohidin menambahkan, "Yang ditetapkan Kemenkes RI itu RSUD M Yunus Bengkulu, RSUD Bengkulu Selatan dan RSUD Bengkulu Utara. Namun dengan semakin meningkatnya kasus Covid-19 akhirnya kita tambah 6 rumah sakit berdasarkan SK Gubernur termasuk rumah sakit swasta, tapi memang dengan fasilitas yang berbeda."


 

"Kita masih terkendali vaksin untuk mencapai target vaksinasi yang sudah ditetapkan. Namun kita sudah mengajukan permintaan tambahan stok," terang Rohidin.

 


Kabar gembiranya, Rohidin menuturkan, Bengkulu telah mendapatkan bantuan dari PT Pusri yang difasilitasi Pemprov Sumsel berupa oksigen cair 2 ton serta pengisian tabung oksigen dengan jumlah tidak terbatas. (TS)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Posko PPKM di Desa Permudah Edukasi Prokes Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan