Bupati Pangandaran: Guru Harus Terus Menjaga Kualitas Pendidikan Meski di Tengah Pandemi

Jumat, 06 Agustus 2021 | 11:04 WIB Last Updated 2021-08-08T05:49:31Z

  

kabarpendidikan.id Jeje Wiradinata, Bupati Pangandaran mengimbau agar mutu pendidikan tetap harus terjaga meski di masa pandemi Covid-19.

 

Imbauan tersebut disampaikan Jeje saat menggelar silaturahmi bersama guru secara virtual di Command Center Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran.

 

"Saya sampaikan kepada guru dua hal di antaranya, pertama persoalan pandemi Covid-19 dan kedua proses pembelajaran," kata Jeje, Kamis (5/8/2021).

 

Jeje juga menyampaikan persoalan pandemi Covid-19 yang disampaikan kepada guru memberikan pemahaman terkait Covid-19 berkaitan dengan vaksin, isolasi mandiri dan protokol kesehatan.

 

"Guru merupakan tokoh masyarakat dilingkungan dia tinggal, maka harus memberi contoh yang baik dan memberikan pemahaman dalam kondisi Covid-19," tuturnya.

 

Berkaitan dengan proses pembelajaran, Jeje mengatakan bahwa selama pandemi Covid-19 proses belajar secara disadari tidak berjalan dengan maksimal. "Lakukan proses belajar secara online, jangan samapai karena pandemi Covid-19 mutu pendidikan kita tidak baik," jelasnya.

 

Sejak tahun 2020 pola ajar di sekolah formal hanya beberapa kali tatap muka antara guru dengan peserta didik.

 

"Bahkan siswa yang pada tahun 2020 duduk dibangku Sekolah Dasar kelas lima, langsung naik ke kelas enam dan sekarang sudah duduk di bangku SLTP," terang Jeje.

 

Meski kondisi pembelajaran tatap muka sangat minim, Jeje berpesan kepada guru untuk bersama-sama menjaga kualitas pendidikan.

 

"Peradaban kemajuan sebuah bangsa diukur dari pendidikan, maka dicari pola ajar agar mutu pendidikan tetap terjaga di masa pandemi Covid-19," sambung Jeje.

 

Jeje menegaskan ada empat poin yang disampaikan diantaranya bidang pendidikan tetap menjadi fokus arah pembangunan walau di masa Pandemi Covid-19. 


Guru harus menjadi contoh dalam menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, guru diharapkan mendorong percepatan pelaksanaan vaksinasi baik di sekolah maupun lingkungan. Dan terakhir guru diharapkan mampu memberikan pengertian dan pemahaman yang benar terkait Covid-19 kepada masyarakat sekitar.

 

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengimbau mutu pendidikan harus tetap terjaga dimasa pandemi Covid-19.(TS)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Pangandaran: Guru Harus Terus Menjaga Kualitas Pendidikan Meski di Tengah Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan