Implementasi Pendidikan di Era Globalisasi

Minggu, 01 Agustus 2021 | 08:14 WIB Last Updated 2021-08-01T01:14:00Z

 

Karya Nun Nuzulul Hudan 

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Pendidikan adalah usaha membina dan mengembangkan kepribadian manusia baik dibagian rohani atau di bagian jasmani. Ada juga para beberapa orang ahli mengartikan pendidikan itu bisa diartikan juga suatu proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau sekelompok orang dalam mendewasakan melalui pengajaran dan latihan. Tantangan global mengharuskan setiap negara secara sungguh-sungguh menyiapkan Kualitas sumber daya manusia sebagai satu-satunya sumber daya aktif penentu kejayaan dan Eksistensi suatu bangsa.


Implementasi pembelajaran menurut (Hamzah)  menerapkan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi. Perkembangan dan perubahan kehidupan masyarakat mengarah pada satu trend besar dan universal, yakni perubahan dan kemajuan. Pengalaman perkembangan teknologi selama ini menunjukan tingkat perkembangan yang terjadi amat cepat dan dampaknya juga cepat menyebar dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam aspek kultur. 


Era globalisasi ini sendiri merupakan perubahan global yang melanda seluruh dunia. Dampak yang terjadi sangat  besar kemungkinannya terhadap berbagai aspek kehidupan manusia di semua lapisan masyarakat, pada era globalisasi ini pendidikan memiliki peran penting dalam proses modernisasi karena melalui pendidikan masyarakat akan terjamin bebas dari penindasan dan kebodohan.


Pendidikan ini juga merupakan sarana pendukung untuk kemajuan bangsa serta mencegah manusia dari kebodohan dan perbudakan, semakin tinggi jenjang pendidikan seseorang semakin luas pula ilmu yang di dapat, tidak hanya ilmu yang mereka dapatkan tetapi juga pengetahuan yang belum mereka ketahui dalam pendidikan dan pertemanan yang akan mereka dapatkan di jenjang pendidikan ini.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Implementasi Pendidikan di Era Globalisasi

Trending Now

Iklan

iklan