Tim PKM Dosen PGSD Berikan Pelatihan Peningkatan Kebugaran Jasmani di Masa Pandemi

Jumat, 16 Juli 2021 | 13:27 WIB Last Updated 2021-07-18T13:32:05Z

 


Kabarpendidikan.id Kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasakan kelelahan yang berlebihan, serta masih memiliki cadangan tenaga untuk mengisi waktu luang dan kegiatan-kegiatan yang bersifat mendadak.


Budaya gerak mampu menjadikan suatu generasi menjadi unggul dan produktif namun hal ini perlu terus di bina dan ditingkatkan di tengah generasi muda yang terkontaminasi oleh arus globalisasi yang semakin canggih, hight technologi, dan berimplikasi terhadap kurangnya kepedulian mereka terhadap gerak, aktifitas fisik dan kesehatan pribadinya.


kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan meliputi aspek-aspek fungsi fisiologis yang menawarkan pencegahan terhadap penyakit dari akibat kurang gerak (Sedentary). 


Menurut World Health Organization, 60-85% populasi seluruh dunia tidak mendapatkan aktifitas fisik yang cukup. Hal ini menjadikan gaya hidup sedentary menjadi faktor risiko keempat terjadinya angka mortalitas penyakit secara global. Hal ini dapat dicegah melalui program aktifitas jasmani atau aktifitas fisik yang teratur dan berdasarkan prinsip-prinsip latihan, apalagi dimasa pandemi Covid-19 diharapkan kita dapat beraktifitas fisik ringan dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh dan imunitas tubuh.


SMP Al-kautsar yang terletak di Jalan jembatan selatan nomor 6 Kebayoran baru Jakarta selatan, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, menyampaikan kepada TIM PKM sekaligus dosen UHAMKA yang diketuai oleh Bapak Khavisa Pranata,M.Pd dan anggotanya Bapak Dr.Safrul, M.Pd serta dibantu oleh dua mahasiswa Uhamka mengungkapkan bahwa Ahmad Fahrul Roji, S.Pd. selaku Kepala Sekolah menyambut baik kegiatan coaching clinic tentang peningkatan kebugaran jasmani bagi remaja melalui bentuk-bentuk latihan fisik dalam menjaga imunitas tubuh dan kesehatan pribadi, terutama siswa-siswi smp Al-kautsar di saat masa pandemi perlu pelatihan tentang meningkatkan kebugaran jasmani.


Dalam keterangan bahwa siswa-siswi masih kurang penguasaan dalam melakukan aktifitas fisik terutama bentuk-bentuk latihan kebugaran serta perlunya imunitas tubuh dimasa pandemi dengan melakukan aktifitas fisik ringan sehingga remaja tidak kurang gerak (sedentary).


Dalam kegiatan ini fokus utama TIM PKM UHAMKA adalah membantu mitra yaitu pihak sekolah dalam mengatasi permasalahan yang telah disebutkan yaitu dengan mengadakan Coaching clinic tentang peningkatan kebugaran jasmani bagi remaja melalui bentuk-bentuk latihan fisik dalam menjaga imunitas tubuh dan kesehatan pribadi.


Adapun materi yang diberikan terkait Kebugaran jasmani, Unsur-unsur kebugaran jasmani , Sistem imunitas tubuh, Latihan fisik untuk meningkatkan imunitas tubuh, Jenis-jenis olahraga dan manfaatnya (olahraga aerobic dan an-aerobik), Lompat tali (Skipping), Jumping jack, Sit-Up, Plank, Crunch dan Tips olahraga untuk kesehatan.


Diakhir kegiatan peserta menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, peserta mendapatkan pemahaman tentang Gerakan-gerakan jenis olahraga aktifitas fisik ringan yang dapat dilakukan di rumah dengan durasi,frekuensi dan intensitas yang benar untuk meningkatkan imunitas dan kebugaran jasmani.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim PKM Dosen PGSD Berikan Pelatihan Peningkatan Kebugaran Jasmani di Masa Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan