Pentingnya Memupuk Rasa Percaya Diri Anak Pada Usia Dini

Jumat, 30 Juli 2021 | 17:07 WIB Last Updated 2021-07-30T10:07:00Z

 

Karya Leny Nadila 

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Percaya diri adalah yakin bahwa dirinya dapat atau mampu melakukan sesuatu. Dasar dari menumbuhkan sikap percaya diri adalah anak perlu merasa aman dan nyaman atas dirinya.


Orangtua pasti menginginkan buah hati memiliki karakter positif, salah satunya percaya diri. Meski demikian, karakter setiap anak berbeda-beda dan tidak bisa sama. Namun, jangan berkecil hati. Apabila ingin menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar anak menjadi seoran yan percaya diri.


Sebelumnya, ketahui dahulu apa saja penyebab yang bisa membuat rasa percaya diri anak menurun sehingga kita bisa tahu cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Contohnya seperti anak merasa dibandingkan atau membandingkan diri dengan anak/orang lain, selalu melarang anak, percaya diri berkurang karena anak merasa tidak kompeten, dan anak tidak menjadi prioritas atau merasa tidak disayang.


Peran Orang Tua dalam Membagun Kepercayaaan Diri Anak Usia Dini sangat lah penting. Untuk mampu membangun rasa percaya diri anak orang tua bisa melakukan beberapa cara seperti menjadi pendengar baik, menunjukkan sikap menghargai, membiarkan  ia melakukan sendiri apa yang sudah bisa ia lakukan, memberi pujian terhadap segala usahanya, memupuk minat dan bakat anak, mengajak anak memecahkan masalah, memberi kesempatan anak berkumpul bersama orang dewasa, dan berkhayal mengenai masa depan.


Orang tua memegang peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter seorang anak. Salah satu upaya dalam pembentukan karakter tersebut adalah membangun kepercayaan diri pada anak. Peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri anak diantaranyaadalah menjadi pendengar yang baik, menunjukkan sikap menghargai, memberi kesempatan untuk membantu, melatih kemandirian anak, memilah pujian orang tua terhadap anak, membantu anak agar lebih optimis, memupuk minat dan bakat anak, mengajak memecahkan masalah, mencari cara untuk membantu sesama, memberi kesempatan anak berkumpul bersama orang dewasa dan mengarahkan agar dapat mempersiapkan masa depan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya Memupuk Rasa Percaya Diri Anak Pada Usia Dini

Trending Now

Iklan

iklan