Mengenal Dr. dr. Achmad Hidayat Sp.B, Spkp, Mars, Ketua Uhamka Covid-19 Command Centre (UCCC)

Senin, 12 Juli 2021 | 21:36 WIB Last Updated 2021-07-15T05:53:39Z



Kabarpendidikan.id Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) membentuk tim tanggap penanggulangan Covid-19. Hal ini dilakukan di tengah memuncaknya kasus positif Covid-19 di Jawa-bali khususnya Jakarta. Tim tanggap penanggulangan Covid-19 diberi nama Uhamka Covid-19 Command Centre atau UCCC. 


UCCC mengedepankan program tanggap penanggulangan Covid-19 bagi keluarga besar Uhamka. Di antaranya, penyediaan tabung oksigen bagi yang membutuhkan dengan sistem antar-jemput. Kemudian, menyediakan layanan antar-jemput ke rumah sakit melalui tim gerak cepat. Selain itu, UCCC juga bergerak memberikan edukasi kepada keluarga besar Uhamka yang terinfeksi positif Covid-19.


UCCC diketuai oleh Achmad Hidayat. Pria bernama lengkap Dr dr Achmad Hidayat SpB SpKP MARS tersebut merupakan dosen Fakultas Kedokteran Uhamka. Ia merupakan Marsekal Muda Purnawirawan lulusan Sekolah Staf Komando Angkatan Udara pada tahun 1992.


Di dunia kesehatan  ia pernah terlibat aktif sebagai dokter TNI AU dengan jabatan terakhir sebagai Kapusker TNI pada tahun 1976-2008. Saat ini, dr Achmad Hidayat masih menjabat sebagai staf ahli Bidang Human Factor KNKT dan dokter spesialis bedah di Rumah Sakit Bhakti Yudha Kota Depok. Ia juga merupakan dokter spesialis bedah di RS Olahraga Nasional Jakarta dan RSAU Dr Esnawan Antariksa.


Dosen yang mengampu mata kuliah bedah dan trauma ini juga pernah menjadi penelaah bidang militer di prodi S3 Kedokteran Gigi Militer FKG Unpad dan penguji prodi Sp Kedokteran FKUI. Atas kiprah dan pengalamannya, dr Achmad Hidayat mengantongi beberapa penghargaan berupa tanda jasa.


Di antaranya Satya Lancana Kesetiaan 24 tahun, Satya Lancana Operasi Seroja, Satya Lancana Dwidya Sistha, Satya Lancana Kesetiakawanan Sosial, hingga Bintang Swa Bhuwana Pratama dan Bintang yudha Dharma Pratama.


Berikut Profil Lengkap Ketua Uhamka COVID-19 Command Center (UCCC):





Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengenal Dr. dr. Achmad Hidayat Sp.B, Spkp, Mars, Ketua Uhamka Covid-19 Command Centre (UCCC)

Trending Now

Iklan

iklan