Macam-macam Kelebihan Serta Kekurangan Dari Sosial Media

Kamis, 22 Juli 2021 | 08:19 WIB Last Updated 2021-07-22T01:19:00Z

 

Karya Anisa Putri Hidayah

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka


Sosial media sudah menjadi salah satu bagian yang banyak dibutuhkan oleh manusia di zaman ini. Sosial media memiliki kelebihan serta kekurangan nya itu sendiri. Adapun yang perlu di perhatikan beberapa kelebihan dari sosial media adalah bisa bersilaturahmi secara virtual apa lagi di saat pandemik covid-19 ini. Selain itu bisa mendapatkan banyak relasi dari berbagai daerah hingga relasi dari negara-negara lain. Berkat adanya sosial media banyak orang yang bisa mendapatkan pengetahuan baru yang mana pengetahuan tersebut belum pernah didapatkan sebelumnya.


Dengan sosial media semua terasa menjadi lebih mudah. Misalnya seperti belanja online kita sudah bisa dengan mudah menemukan beruang apapun atau makanan apa saja yang kita mau hanya dengan menggunakan sosial media. Selain itu, sosial media bisa menjadi alternatif untuk melakukan promosi bagi para pebisnis yang sedang membangun bisnis. Didalam sosial media juga kita bisa mendapatkan relasi dari berbagai daerah hingga berbagai negara manapun yang kita inginkan.


Disamping itu, sosial media memiliki kekurangan tersendiri. Kekurangan tersebut meliputi orang orang yang menyalah gunakan sosial media yang menyalahi aturan-aturan yang sudah di tetapkan. Tidak hanya itu, pengaruh buruk yang terjadi oleh media sosial juga dapat menyebabkan seseorang tidak percaya diri, tidak mudah untuk bergaul karna kecanduan bersosial media yang membuatnya menjadi lupa untuk bersosialisadi secara langsung di kehidupan sehari-hari.


Menggunakan sosial media dengan tidak bijak juga dapat menyebabkan orang mudah tergiur akan hal hal negatif yang mana tersebar luas di sosial media. Maka dari itu, sangat di harapkan para orang tua untung tetap selalu mengawasi anak-anak mereka dimanapun dan kapanpun apa lagi saat bersosial media. Dimana banyak sekali hal hal toxic yang di bawa oleh anak karena sosial media. Contohnya anak-anak jadi malas untuk belajar karna keasikan bersama teman-teman onlinenya, anak-anak mudah terhasut modus-modus yang sering beredar di sosial media seperti penipuan dan lain sebagainya. Maka dari itu, bijaklah dalam menggunakan sosial media dengan sebagaimana mestinya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Macam-macam Kelebihan Serta Kekurangan Dari Sosial Media

Trending Now

Iklan

iklan