Hal Positif dan Negatif Pada Aplikasi TikTok Bagi Para Pelajar dan Anak-anak

Kamis, 22 Juli 2021 | 11:20 WIB Last Updated 2021-07-22T04:20:00Z

 


Karya Anisa Putri Hidayah

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Uhamka


TikTok menjadi salah satu platform andalan yang sering kali digunakan untuk membuat berbagai macam konten positif. Salah satu konten positif yang bisa di buat di TikTok adalah terkait edukasi dan juga terkait keterampilan. Video terkait berbagai macam edukasi yang bisa didapat dari Tiktok. Mulai dari edukasi kesehatan, terkait pembelajaran yang mana semua kalangan bisa berbagi pengetahuan kepada pengguna TikTok lainnya.  Hingga banyak terkait video keterampilan dari para pelajar seperti keterampilan menggambar yang dituangkan di platform TikTok tersebut.


Menjadi peluang besar khususnya bagi para pelajar yang memiliki keterampilan sangat bisa untuk menuangkan berbagai macam keterampilan di TikTok. Bisa juga jika ingin saling bertukar pikiran dan saling mengedukasi satu sama lain. Karena di tiktok banyak sekali digunakan ole anak-anak hingga orang dewasa. Dengan demikian aplikasi TikTok akan menjadi berguna dan positif jika digunakan untuk hal-hal yangpositif juga. Disana juga bisa memberikan informasi terkait berita-berita terkini. Baik itu berita nasional hingga berita internasional.


Banyak hal-hal negatif juga yang marak beredar di aplikasi TikTok. Hal yang sering kali dijumpai seperti beredarnya berbagai macam jenis informasi yang tidak valid, cukup banyak orang yang mencari sebatas sensasi, tren-tren yang tidak sepatutnya di petontonkan kepada publik, hingga konten-konten dewasa yang bertebaran disana. Sangat di khawatirkan jika banyak generasi milenial yang mengikuti tren negatif di tiktok yang mana dikhawatirkan memengaruhi mereka di kehidupan sehari hari. Hingga membuat mereka jadi kecanduan berlama-lama di aplikasi TikTok.


Adapun cara mengatasi hal-hal negative yang bisa terjadi kapanpun jika menggunakan aplikasi tiktok bagi anak-anak di bawah umur tanpa pengawasan. Diantaranya dengan cara membatasi penggunaan handphone kepada anak. Dengan membatasi waktu anak bermain handphone akan meminimalisir anak terbawa kepada hal-hal yang tidak sebagaimana mestinya terjadi. Dengan mengawasi anak saat menggunakan TikTok. Dengan cara mengawasi orang tua tau apa saja yang boleh dan tidak boleh di lihat atau dilakukan oleh sang anak apabila anak-anak mereka tergolong masih di bawah umur. Karena sering dijumpai anak-anak di bawah umur di zaman saat ini sudah banyak sekali yang m diizinkan oleh orang tuanya menggunakan smartphone tanpa pengawasan. Oleh sebab itu pengawasan terhadap anak saat menggunakan aplikasi TikTok perlu ditingkatkan.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hal Positif dan Negatif Pada Aplikasi TikTok Bagi Para Pelajar dan Anak-anak

Trending Now

Iklan

iklan