Internet Sehat untuk Tangkal Hoax dan Dampak Negatif Penggunaan Internet

Sabtu, 17 Juli 2021 | 15:33 WIB Last Updated 2021-07-23T22:23:08Z

  

Kabarpendidikan.id Rangkaian webinar Literasi Digital di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh kembali digelar pada Rabu, 7 Juli 2021 sejak pukul 09.00 hingga 12.00 WIB, telah berlangsung webinar bertajuk “Internet Sehat di Dunia Pendidikan”.

 

Kegiatan yang merupakan inisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan untuk memberi dorongan pada masyarakat agar dapat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga mampu meningkatkan kemampuan kognitifnya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

 

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen.

 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital.

 

Beliau menyampaikan lewat diskusi virtual bahwa hasil survei literasi digital yang kita lakukan bersama siberkreasi dan katadata pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dari skala 1 hingga 4. Hal itu menunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik.

 

Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Internet Sehat untuk Tangkal Hoax dan Dampak Negatif Penggunaan Internet

Trending Now

Iklan

iklan